Tips Sehat

Tips Sehat: Cara Cegah Kanker, Stroke, dan Serangan Jantung, Konsumsi Tomat

Tomat mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Tomat bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Editor: Suyanto
SURYA.CO.ID/Danedra Kusumawardana
TOMAT - konsumsi tomat bisa mencegah kanker, serangan jatung maupun stroke. 

SURYA.co.id I Banyak bahan di sekitar kita dan kita temui sehari-hari, ternyata memiliki khasiat besar yang tidak disadari. Satu diantaranya adalah tomat, bumbu masak yang dengan mudah ditemui di pasar, bahkan mungkin sudah tersedia di dapaur.

Tomat ternyata memiliki khasiat besar menangkal berbagai penyakit, apabila dikonsumsi secara rutin. Diantara khasiatnya adalah mencegah kanker, mengurangi resiko stroke, dan mengurangi resiko serangan jantung.

Tomat mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Merangkum dari WebMD, tomat bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Bukti baru dari Holland menunjukkan konsumsi tomat bisa menjaga arteri dari penumpukan plak, suatu proses yang disebut arteriosklerosis.

Baca juga: Tips Sehat,Cara Turunkan Kolesterol, Lakukan 4 Olahraga Ini, Semua Orang Bisa

Baca juga: Tips Sehat: Minyak Kutus Kutus, Sembuhkan Lumpuh hingga Kanker, Ini Faktanya

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Atheroslerosis American Heart Association edisi Januari, arteriklerosis merupakan istimah umum untuk penebalan dan pengerasan pembuluh darah akibat penimbunan plak.

Plak di arteri mengurangi aliran darah dan menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Dalam penelitian tersebut, peneliti JDM Witteman menuliskan likopen berperan untuk mencegah arteriosklerosis. Sekedar info, likopen merupakan antioksidan yang membantu mencegah kolesterol jahat dalam aliran darah agar tidak teroksidasi membentuk plak di arteri dan menyebabkan serangan jantung.

Likopen banyak ditemukan dalam buah tomat dan sayuran berwarna cerah lainnya seperti semangka dan anggur merah.

Para peneliti di sekolah kedokteran Universitas Erasmus di Rotterdam menemukan tingkat likopen yang tinggi dalam darah membuat menurunkan tingkat plak penyumbatan arteri.

Baca juga: Tips Sehat, Mengenal 5 Obat untuk Pasien Covid-19, Lakukan Ini Jika Anda Terjangkit

Baca juga: TIPS SEHAT, 4 Cara Mudah Redakan Sakit Kepala pada Ibu Hamil, Tanpa Obat

Ilustrasi
Ilustrasi - Kepala Pusing (huff post)

Studi Rotterdam mencakup hampir 8.000 orang berusia 55 tahun atau lebih yang tinggal di pinggiran kota ini di Belanda. Sampel darah dianalisis untuk konsentrasi karotenoid utama, termasuk likopen.

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved