Breaking News:

Tips Sehat Masa Pandemi

Tips Sehat, Mengenal 5 Obat untuk Pasien Covid-19, Lakukan Ini Jika Anda Terjangkit

Guna mengantisipasi dan meminimalisir resiko kematian, ada baiknya tiap orang mengenali gejala, langkah-langkah yang harus dilakukan saat terjangkit

Editor: Suyanto
surya/mochamad sudarsono
ILUSTRASI - Masyarakat Tuban menjalani vaksinasi Covid-19. 

SURYA.co.id I JAKARTA - Penuluran covid-19 di Indonesia masih sangat tinggi. Data yang diunggah laman Covid19.go.id menujukkan kasus harian dalam 24 jam terakhir pada Senin (9/8/2021), angkanya masih diatas 20.000 kasus.

Kabar baiknya, adalah jumlah pasien sembuh meningkat tinggi, hingga angkanya mencapai 44.000 lebih atau dua kali lipat dari jumlah kasus harian.

Guna mengantisipasi dan meminimalisir resiko kematian, ada baiknya tiap orang mengenali gejala, langkah-langkah yang harus dilakukan saat terjangkit, berikut mengenal obat-obat yang bisa digunakan.

Dikutip dari artikel Winona Katyusha berjudul "Hal-Hal yang Harus Dilakukan Ketika Merasakan Gejala COVID-19" yang dilansir laman Hellosehat.com. Artikel ini telah ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro.

Gejala

Sebenarnya, kebanyakan pasien yang terinfeksi COVID-19 hanya menunjukkan gejala ringan dan dapat melakukan perawatan sendiri di rumah tanpa bantuan medis. Gejala biasanya akan muncul dalam 2 sampai 14 hari setelah terpapar dengan virus.

Bagi Anda yang ingin melakukan tes untuk mengetahui apakah tubuh telah terinfeksi virus, cobalah hubungi dinas kesehatan atau penyedia layanan medis yang ada di kota Anda. Bisa juga menghubungi hotline Kemenkes RI dengan nomor 021-5210411 atau 081212123119.

Jika hasilnya negatif, kemungkinannya Anda memang tidak terinfeksi atau Anda masih berada pada tahap awal saat pengumpulan spesimen.

Meski demikian, Anda tetap harus berhati-hati dan melakukan pencegahan. Hasil tes yang negatif tidak menutup kemungkinan Anda bisa terinfeksi virus di kemudian hari.

Jika hasilnya positif, Anda harus segera mencari bantuan dan meminta anjuran pada dokter tentang apa saja yang harus dilakukan jika masih bisa melakukan perawatan sendiri.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved