Tips Sehat

Tips Sehat, Ini 9 Tips Menjaga Kesehatan Jantung, Hindari Duduk Terlalu Lama

Berdasarkan laporan Kemenkes RI, penyakit jantung menjadi penyebab kematian kedua di Indonesia setelah penyakit stroke.

Editor: Suyanto
net
Ilustrasi 

SURYA.co.id I - Banyak orang salah anggapan dengan penyakit jantung ini. Mereka mengira penyakit ini hanya menyerang orang tua.

Padahal gangguan jantung ini bisa menyerang siapa saja, termasuk dari kalangan muda. Gaya hidup tidak sehat menjadi salah satu penyebab anak-anak muda terserang penyakit mematikan ini.

Laporan Kemenkes RI menyebutan penyakit jantung menjadi penyebab kematian kedua di Indonesia setelah penyakit stroke.

Itulah sebabnya Anda sangat perlu tahu cara menjaga kesehatan jantung.

Jantung menjadi pusat sistem peredaran darah. Fungsi utamanya adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Darah yang jantung pompa ini membawa oksigen dan nutrisi penting yang sel, organ, jaringan dalam tubuh Anda butuhkan agar bisa berfungsi dengan normal.

Jika jantung, otot jantung, dan pembuluh darah di sekitarnya mengalami gangguan, sirkulasi darah ke seluruh tubuh bisa terganggu. Akibatnya, sel, jaringan, dan organ mungkin tidak mendapat asupan darah yang mencukupi sehingga akan mati. Kondisi ini bisa menyebabkan kematian jika tidak segera dilakukan penanganan.

Baca juga: Tips Sehat, Menu Buka Puasa Aman bagi Pengidap Kolesterol, Tidak Perlu Mahal

Baca juga: Tips Sehat: Jelang Bulan Puasa, Asam Lambung Bermasalah, Ini Cara Mengatasinya

Berikut sejumlah tips menjaga kesehatannya berikut ini seperti dikutip dari artikel Aprinda Puji yang dipublikasikan laman hellosehat.com, Apr 19, 2021 dann telah ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri

1. Jaga kesehatan mulut

Tahukah Anda jika kesehatan satu bagian tubuh dengan bagian lainnya saling berkaitan satu sama lain? Misalnya kesehatan mulut dengan jantung.

Masalah di jantung bisa terjadi ketika terjadi gejala penyakit gusi, mulut, dan gigi yang bertambah parah dan tidak mendapat perawatan. Ketika bertambah parah, baik itu bakteri maupun jamur bisa berpindah ke aliran darah dan meningkatkan protein C-reaktif. Protein bisa menimbulkan peradangan pada pembuluh darah sekitar jantung.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved