Tips Sehat

Tips Sehat, Cara Mudah Turunkan Berat Badan, Minum Air Hangat, Simak 8 Manfaat Air Hangat

Minum air hangat memiliku sederet manfaat bagi kesehatan. Mulai memperlancar pencernaan, meredakan hidung tersumbat, hingga untuk relaksasi.

Editor: Suyanto
TIMES Indonesia
Minum air hangat 

SURYA.co.id I Minum air hangat memiliku sederet manfaat bagi kesehatan. Mulai memperlancar pencernaan, meredakan hidung tersumbat, hingga sebagai bagian dari relaksasi.

Termasuk bagi yang ingin menurunkan badan, minum air hangat menjadi salah satu solusi yang perlu dicoba. Cara ini aman. Jadi tidak perlu menurunkan badan badan dengan cara-cara menyiksa tubuh, apalagi sampai merusak kesehatan.

Penelitian merekomendasikan air hangat tersebut memiliki suhu berkisar 54-71 derajat Celcius. Sementara suhu di atas itu dianggap terlalu panas dan dapat merusak jaringan di kerongkongan, membakar indra perasa, serta menyebabkan lidah melepuh.

Baca juga: Tips Sehat, Info Penting Omicron: 5 Obat Ini Sudah Tidak Digunakan, Ini Daftar Obat yang Direkom

Baca juga: Tips Sehat, Hasil Penelitian Air Kelapa, Berkhasiat untu Jantung dan Hipertensi

Ilustrasi flu
Ilustrasi hidung tersumbat (Freepik by user1115205)

Berikut delapan manfaat minum m air hangat tersebut.

1. Meredakan hidung tersumbat
Dilansir Healthline, secangkir air hangat dapat menghasilkan uap. Mengonsumsinya sambil menghirup uap lembut tersebut dalam-dalam dapat membantu melonggarkan hidung tersumbat dan bahkan meredakan sakit kepala sinus.

Karena Anda memiliki selaput lendir di seluruh leher dan tubuh bagian atas, minum air hangat dapat membantu menghangatkan area tersebut dan meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir.

Menurut sebuah penelitian tahun 2008, minum minuman hangat, seperti teh, dapat memberikan kelegaan yang cepat dan tahan lama dari hidung meler, batuk, sakit tenggorokan, hingga kelelahan. Minuman hangat dianggap lebih efektif dibandingkan jenis minuman yang sama dengan suhu kamar.

Baca juga: Tips Sehat, Cara Mengatasi Stroke, Ini Daftar Nutrisi yang Direkom

Baca juga: Tips Sehat, Tulang Keropos di Usia Muda, Menstruasi Jadi Indikasi, Ini Cara Mengatasinya

2. Memperlancar pencernaan
Minum air dapat membantu menjaga sistem pencernaan tetap bergerak. Saat air bergerak melalui perut dan usus, tubuh membuang kotoran dengan lebih lancar.

Beberapa orang meyakini minum air hangat sangat efektif untuk mengaktifkan sistem pencernaan. Teorinya adalah bahwa air hangat juga dapat melarutkan dan menghilangkan makanan yang Anda makan, yang mungkin sulit dicerna tubuh.

Meski penelitian belum membuktikan manfaat ini, namun jika Anda merasa minum air hangat dapat membantu memperlancar pencernaan, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Baca juga: Tips Sehat, Panduan Cara Menyusui saat Positif Covid, Ini Manfaat Menyusui di Masa Pandemi Omicron

Gerakan Yoga Agnisaramudra yang bermanfaat untuk memperbaiki sistem percernaan dan menyembuhkan sembelit.
Gerakan Yoga Agnisaramudra yang bermanfaat untuk memperbaiki sistem percernaan dan menyembuhkan sembelit. (surabaya.tribunnews.com/Sudharma Adi)

3. Membantu mengatasi sembelit

Dehidrasi sering kali menyebabkan sembelit. Dalam banyak kasus, minum air putih merupakan cara yang efektif untuk mengatasi dan mencegah sembelit.

Minum air hangat dapat membantu kontraksi usus. Ketika hal itu terjadi, sisa makanan di usus akan bisa keluar dari tubuh. Sehingga, minum air hangat secara teratur dapat membantu pergerakan usus tetap teratur.

Baca juga: Tips Sehat, Info Penting Omicron: 5 Obat Ini Sudah Tidak Digunakan, Ini Daftar Obat yang Direkom

Influencer Healthy Life Vivian Junita memperagakan posisi push up.
Push up - cara lain menurunkan berat badan. (surabaya.tribunnews.com/christine ayu nurchayanti)

4. Membantu menurunkan berat badan

Halaman
12
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved