Breaking News:

Kapan Shalat Rebo Wekasan, Pagi Siang Atau Malam? Berikut Bacaan Niat dan Doa Rebo Wekasan

Rebo Wekasan jatuh 14 Oktober 2020. Kapan sebaiknya mengerjakan Shalat Rebo Wekasan? Ini bacaan niat shalat tolak bala Rebo Wekasan & doa Rebo Wekasan

Penulis: Pipit Maulidiya | Editor: Musahadah
surya/ahmad zaimul haq
Ilustrasi - Shalat Rebo Wekasan 

Penulis: Pipit | Editor: Musahadah

SURYA.co.id - Kapan Shalat Rebo Wekasan sebaiknya dilakukan? Pagi, siang atau malam hari? Simak penjelasan berikut ini lengkap bacaan niat shalat tolak bala Rebo Wekasan dan doa rebo wekasan.

Diketahui Rebo Wekasan adalah ritual tradisi tolak bala masyarakat Jawa yang dilakukan pada hari Rabu terakhir di Bulan Safar, bulan kedua penanggalan Hijriyah.

Baca juga: Apa Dalil Tentang Rebo Wekasan atau Rabu Wekasan? Ini Penjelasan Ulama dan Amalan dalam Islam

Ritual tradisi tolak bala dilakukan karena, sejumlah masyarakat Jawa percaya pada hari Rebo Wekasan turun bencana dan sumber penyakit yang membahayakan.

Lantas bagaimana hukum Rebo Wekasan dalam pandangan Islam?

Di dalam Islam, istilah Rebo Wekasan tidak ada, sebagaimana dijelaskan dalam hadist. Nabi Muhammad SAW juga menyangkal adanya satu hari dimana terjadi bencana dan munculnya sumber penyakit, atau satu hari yang membawa sial.

Abu Hurairah berkata, bersabda Rasulullah, "Tidak ada wabah (yang menyebar dengan sendirinya tanpa kehendak Allah), tidak pula ramalan sial, tidak pula burung hantu dan juga tidak ada kesialan pada bulan Shafar. Menghindarlah dari penyakit kusta sebagaimana engkau menghindari singa." (HR Imam al-Bukhari dan Muslim).

Baca juga: Rebo Wekasan Jatuh 14 Oktober 2020, Ini Amalan Tolak Bala Sesuai Ajaran Islam

Dipublikasikan di YouTube oleh Nasehat Islam pada 2 Juni 2018, Ustadz Abdul Somad membahas tentang tradisi umat Islam Indonesia di hari Arba Mustakmir arat Rebo Wekasan ini.

“Ziarah kubur di hari Rabu terakhir bulan Safar, boleh tidak? Ziarah kuburnya boleh, bagus saja itu. Lalu berdoa memohon kepada Allah agar kita dihindarkan dari segala musibah, ini juga boleh,” jelas Ustadz Abdul Somad Melansir tribun-timur.com dengan judul Besok, Rebo Wekasan atau Arba Mustakmir, Apa itu? ini Hukumnya Menurut Ustadz Abdul Somad (UAS).

Sementara terkait keyakinan Allah menurunkan ribuan musibah di hari Rabu terakhir Safar atau Arba Musta’mir, menurutnya itu tak ada haditsnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved