Berita Lamongan

Angka Kecelakaan di Lamongan Meningkat dan Fatalitas Menurun

Angka kecelakaan lalu lintas di Lamongan meningkat. Pada 2021, jumlah kecelakaan mencapai 622 kejadian

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Fatkhul Alami
Surabaya.Tribunnews.com/Hanif Manshuri
Kasat Lantas Polres Lamongan, AKP Aristianto Budi Sutrisno didampingi Kanit Gakkum Lantas, Iptu Anang Purwo 

SURYA.co.id l LAMONGAN - Angka kecelakaan lalu lintas di Lamongan meningkat. Pada 2021, jumlah kecelakaan mencapai 622 kejadian, sedang tahun 2022 dari awal Januar hingga Nopember mencapai 808 kejadian.

Ada kenaikan sebanyak 30 persen, atau selisih 168 kejadian.

" Rata- rata kecelakaan lalu lintas terjadi karena faktor kelalaian, " kata Kasat Lantas Polres Lamongan, AKP Aristianto Budi Sutrisno, Minggu (13/11/2022).

Mereka tidak mematuhi rambu Lalin yang terpasang dan tidak menaati tata tertib berkendara. Apalagi peralihan pasca masa pandemi dengan mobilitas yang tinggi juga sangat berpengaruh dengan terjadinya Laka lantas.


"Sekarangkan sudah menuju ke normal, pasca pandemi. Secara tidak langsung aktivitas masyarakat lebih meningkat, " katanya.

Diakui, ada kenaikan jumlah Laka lantas sebanyak 186 KSS, namun fatalitas menurun.

Sedang jumlah laka tahun 2021 mencapai 622 kecelakaan, tapi angka fatalitas tinggi dengan korban meninggal dunia (MD) mencapai 141 jiwa. Luka berat 2 orang korban dan luka ringan sebanyak 750 orang.

Sementara tahun 2022 jumlah kecelakaan mencapai 808 dan korban MD mencapai 132 jiwa, luka berat 4 orang, luka ringan 948.

dari total keseluruhannya jumlah laka mencapai kenaikan 30 persen sedangkan korban MD menurun - 6 Persen, sedangkan untuk korban luka berat meningkat 100 persen, dan lula ringan sebanyak 26 persen.


Mendapati bukti meningkatnya angka kecelakaan pada 2022 dibanding 2021, meski fatalitas menurun, Sat Lantas Polres Lamongan tetap bekerja ekstra untuk menekan Laka dengan melakukan sosialisasi ke lembaga pendidikan.

Para siswa menjadi sasaran sosialisasi, lantaran banyak kalangan yang mengalami kecelakaan.

"Kita terjunkan Tim Kamsel untuk blusukan ke lembaga pendidikan. Intinya, melakukan sosialisasi pada para pelajar, agar saat berkendara mengedepankan tertib berlalulintas, " katanya.

Tim Kamsel tidak hanya menyasar para pelajar, kalangan kampus, juga masyarakat umum.

Pihaknya mengimbau, kepada seluruh pengguna jalan agar tertib berlalu lintas, menaati peraturan dan rambu lalu lintas.

" Selalu mengedepankan kehati-hatian saat berkendara di jalan. Mengantuk jangan mengemudi, dan sebaliknya saat mengemudi jangan mengantuk, " imbaunya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved