TIPS SEHAT

Tips Sehat Berhaji, Lakukan Ikhtiar Ini Agar Sehat Selama Ibadah Haji

Berikut adakah beberapa persiapan terkait kesehatan yang pelru Anda lakukan sebelum berangkat ibadah haji:

Editor: Suyanto
SURYA.CO.ID/Febrianto Ramadani
Rombongan jemaah haji di Asrama Haji Surabaya, Sabtu (4/6/2022). 

SURYA.co.id I Ibadah haji membutuhkan kekuatan fisik dan mental agar jemaah bisa menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji dengan nyaman.

Perjalanan yang panjang menjadi tantangan tersendiri. Ditambah lagi dengan proses adaptasi lingkungan dan cuaca Arab Saudi yang berbeda dengan tanah air.

Padahal, jemaah akan berada di Tanah Suci tidak hsehari atau dua hari. Untuk jemaah reguler, umumnya akan menghabiskan waktu sekitar 40 hari sejak keberangkatan, prosei ibadah, hingga kepulangan kembali ke tanah air.

Berikut cara-cara ikhtiar agar tubuh tetap sehat selama menjalani ibadah haji, sebagaimana dikutip dari artikel Alodokter.com.

Artikel berjudul "Pelajari Persiapan dan Cara Menjaga Kesehatan Saat Ibadah Haji, telah ditinjau oleh dr. Meva Nareza.

ILUSTRASI - Viral di Twitter Kondisi Kabah Setelah Penangguhan Umrah, Ternyata Bisa Saksikan Live Streaming
ILUSTRASI - Jemaah sedang melaksanakan tawaf mengelilingi kabah (Shutterstock)

Berikut adakah beberapa persiapan terkait kesehatan yang pelru Anda lakukan sebelum berangkat ibadah haji:

1. Buat catatan kesehatan pribadi
Membuat catatan kesehatan pribadi sangat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan selama beribadah. Catatan kesehatan ini bisa berisi jenis alergi yang dimiliki, penyakit bawaan yang dialami, serta obat-obatan apa saja yang dikonsumsi.

2. Lakukan pemeriksaan kesehatan
Pemeriksaan kesehatan merupakan tahap wajib yang dilakukan calon jamaah haji. Ada 2 pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, yaitu pemeriksaan fisik umum dan pemeriksaan penunjang yang meliputi pemeriksaan darah lengkap, tes kehamilan, rontgen, pemeriksaan urine, dan elektrokardiografi (EKG).

Saat menjalani pemeriksaan fisik, Anda bisa memberikan catatan kesehatan pribadi yang telah dibuat sebelumnya. Dengan begitu, dokter akan mengetahui kondisi kesehatan Anda dan bisa memberikan saran maupun bekal ilmu terkait pola aktivitas yang perlu dijaga, pantangan makanan, hingga resep obat-obatan yang mungkin perlu dibawa.

3. Terapkan pola hidup sehat
Rangkaian ibadah haji akan menguras banyak tenaga, sehingga penting bagi calon jamaah untuk mempersiapkan kesehatan fisiknya sejak jauh hari. Olahraga bisa dimulai kapan saja, tapi lebih cepat lebih baik. Lakukan setidaknya olahraga ringan tetapi rutin, seperti jalan kaki atau bersepeda, selama 30 menit setiap hari.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved