TIPS SEHAT

Tips Sehat: Cara Bertingkah Pasca-operasi Jantung, Simak Juga Cara Merawat Luka Bekas Sayatan

Selama proses pemulihan usai operasi jantung, dibutuhkan cara - cara guna mencegah komplikasi yang mungkin terjadi dan mempercepat proses pemulihan.

Editor: Suyanto
net
Ilustrasi JANTUNG 

SURYA.co.id I Jantung merupakan salah satu organ tubuh paling vital. Karena itu mengetahui cara merawat organ pemompa darah ini menjadi sangat penting. Apalagi saat jantung sedang membutuhkan perawatan khusus akibat kondisi - kondisi tertentu.

Misalnya, jantung sedang dalam proses pemulihan pasca-operasi.
Operasi jantung merupakan salah satu operasi besar. Proses pemulihan membutuhkan waktu yang bisa berbeda-beda pada setiap pasien.

Namun secara umum, masa pemulihan biasanya berlangsung selama 6–8 minggu. Nah selama proses pemulihan dibutuhkan cara - cara guna mencegah komplikasi yang mungkin terjadi dan mempercepat proses pemulihan.

Artikel Alodekter.com, berjudul Hal-hal yang Perlu Diperhatikan usai Operasi Jantung, bisa menjadi ruefrensi. Artikel telah diterbitkan 6 April 2021 dan telah ditinjau secara medis oleh dr. Sienny Agustin.

Baca juga: Tips Sehat: Cara Menjaga Kesehatan Jatung, Konsumsi Kacang, Ini Takarannya

Baca juga:  9 Tips Menjaga Kesehatan Jantung, Hindari Duduk Terlalu Lama

Ilustrasi: Cara Cegah Penyakit Jantung dengan 5 Makanan Alami, Kenali Juga Penyebabnya yang Sering Disepelekan
Ilustras : Jantung 

Untuk mempercepat proses pemulihan, dokter pasti akan memberikan saran kepada Anda mengenai hal apa saja yang sebaiknya dilakukan setelah menjalani operasi jantung.

Perawatan Usai Operasi Jantung
Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan setelah menjalani prosedur operasi jantung:

1. Hindari pakaian yang terlalu ketat
Anda disarankan untuk tidak mengenakan pakaian yang terlalu ketat sementara waktu. Hal ini karena pakaian ketat dapat menekan dan bergesekan dengan bekas luka sayatan operasi, sehingga bisa memperlambat proses penyembuhan luka.

2. Tidak mandi dengan cara berendam
Pada masa pemulihan usai operasi jantung, Anda tidak disarankan untuk mandi dengan cara berendam. Selain itu, hindari mandi dengan air yang terlalu panas atau terlalu dingin.

3. Perbanyak istirahat
Salah satu efek yang ditimbulkan pascaoperasi jantung adalah sulit tidur dengan nyenyak. Hal ini bisa terjadi lantaran Anda merasakan sakit pada area operasi.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang diresepkan oleh dokter sekitar 30 menit sebelum tidur atau melakukan kegiatan yang menenangkan, misalnya mendengarkan musik atau membaca buku.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved