TIPS SEHAT

Tips Sehat, Cara Mengatasi Stroke, Ini Daftar Nutrisi yang Direkom

Nutrisi menjadi salah satu hal penting dalam proses pemulihan pasca serangan stroke. Pemenuhan nutrisi dibutihkan untuk menjaga kesehatan otak Anda.

Editor: Suyanto
Tribun Manado
Ilustrasi stroke 

SURYA.co.id I Nutrisi menjadi salah satu hal penting dalam proses pemulihan pasca serangan stroke. Pemenuhan nutrisi dibutihkan untuk menjaga kesehatan otak Anda.

Salah dalam memilih makanan pantangan stroke justru dapat memperburuk kondisi Anda.

Sebaliknya mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu menjaga kesehatan otak serta mengontrol tekanan darah, kadar kolesterol, dan berat badan. Ini menjadi kunci untuk mencegah stroke berulang pada kemudian hari.

Berikut nutrisi dan makanan yang disarankan untuk pemulihan stroke, seperti dikutip dari dari artikel helloshat.com berjudul: Daftar Nutrisi yang Baik untuk Proses Pemulihan Stroke, yang ditulis Ihda Fadila dan telah ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto

ILUSTRASI berjemur di bawah sinar matahari
ILUSTRASI berjemur di bawah sinar matahari (KOLASE TRIBUN SOLO/Halodoc)

1. Vitamin D
Mencukupi kebutuhan vitamin D saat masa penyembuhan stroke juga bisa bermanfaat untuk Anda.

Studi pada jurnal Current drug targets menyebutkan, kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan salah satu faktor risiko stroke.

Di sisi lain, vitamin D juga telah terbukti memberikan efek neuroprotektif, neuromuskular, dan osteoprotektif yang dapat mengurangi gangguan kognitif dan fungsional pada pasien pascastroke.

Bahkan, studi lainnya menemukan fakta bahwa pasien stroke yang mendapat suplemen vitamin D selama tiga bulan memiliki hasil yang lebih baik dan signifikan.

Untuk mendapat vitamin D ini, Anda bisa berjemur sinar matahari langsung.

Namun, vitamin D dalam jumlah kecil juga dapat Anda temukan pada beberapa ikan, seperti salmon, sarden, atau makarel, jeroan, daging merah, dan kuning telur.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved