Tips Sehat

Tips Sehat, Tulang Keropos di Usia Muda, Menstruasi Jadi Indikasi, Ini Cara Mengatasinya

Tulang keropos atau Osteoporosis umumnya terjadi di usia lanjut, bahkan banyak yang menyebut gangguan itu sebagai tanda usia telah uzur.

Editor: Suyanto
ist
ilustrasi 

SURYA.co.id I Tulang keropos atau Osteoporosis umumnya terjadi di usia lanjut, bahkan banyak yang menyebut gangguan itu sebagai tanda usia telah uzur.

Namun ketahuilah, sejumlah kasus menunjukkan, osteoporosi juga bisa menimpa pada usia muda.

Tulang keropos merupakan kondisi berkurangnya tingkat kepadatan tulang seseorang. Kondisi itu menyebabkan kekuatan tulang berkurang atau menurun. Sejumlah gangguan akan mengiringnya, dan resiko tergawatntya adalah patah tulang di kemudian hari.

Mengapa usia muda bisa mengalami ostereoporosis? Artikel yang ditulis Winona Katyusha dan dipublikasikan Hellosehat.com bisa menjadi salah satu rujukan. Artikel dipublikasikan 5 November 2021 dan telah ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

Salah satu peserta, Putu Anom Mahadwartha selaku Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya saat mengikuti Kompetisi Olahraga Virtual NUNI 2021, Sabtu (23/10/2021).
ILUSTRASI - Olahraga bisa mencegah osteoporosis (dok)

Gangguan osteoporosis

Risiko osteoporosis biasanya lebih tinggi pada orang-orang yang berusia lebih tua, terutama pada wanita yang sedang memasuki masa menopause.

Terdiri dari jaringan yang hidup dan tumbuh, tetiap harinya tulang berada dalam kondisi pembaruan yang konstan. Bila bagian tulang yang sudah tua patah, maka tubuh pun akan membuat tulang yang baru dan menghancurkan tulang yang lama.

Ketika masih muda, penggantian tulang yang lama dengan yang baru terjadi lebih cepat, sehingga membuat massa tulang meningkat. Begitu memasuki awal usia 20-an, proses ini menjadi lebih lambat.

Baca juga: Tips Sehat, Ini Manfaat Menarik Nafas, dari Usir Asma, Darah Tinggi, hingga Buang Stres dan Marah

Baca juga: Tips Sehat, Cara Sehat Hubungan Suami Istri, 4 Jenis Orgasme Wanita dan Titik Sensitifnya

Kebanyakan, kepadatan tulang akan mencapai puncaknya pada usia 30 tahun. Seiring bertambahnya usia, massa tulang yang hancur akan lebih cepat daripada pembentukannya.

Nah, pada beberapa kasus, osteoporosis bisa terjadi lebih awal. Lantas, apa saja penyebabnya?

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved