TIPS SEHAT

Tips Sehat, Ini Manfaat Menarik Nafas, dari Usir Asma, Darah Tinggi, hingga Buang Stres dan Marah

Berikut sederet manfaan besar kebiasaan tarik nafas dalam seperti dalam Artikel Winona Katyusha berjudul "Manfaan Menarik Nafas Dalam untuk Kesehatan

Editor: Suyanto
Foto: tiket.com
Olah pernafasan dalam latiha yoga yang difasilitasi tiket.com 

SURYA.co.id I Banyak cara menjaga kebugaran. Dari olah raga berat hingga olahraga ringan bahkan bisa dilakukan dengan olah pernafasan ringan.

Hanya dengan membiasakan menarik nafas dalam-dalam anda sudah bisa mendapatkan mafaat luar biasa. Kebiasaan menarik nafas dalam-dalam bisa dilakukan dengan mudah, tak perlu meninggalkan aktivitas dan pekerjaan. Bahkan bia silakukan di tempat anda duduk atau tempat anda berdiri, tanpa butuh cari tempat.

Berikut sederet manfaan besar kebiasaan tarik nafas dalam seperti dalam Artikel Winona Katyusha berjudul "Manfaan Menarik Nafas Dalam untuk Kesehatan". Artikel telah ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H dan dipublikasikan Hellosehat.com, 1 Desember 2021 lalu.

Saat Anda bernapas, diafragma akan mengencang dan bergerak ke bawah untuk memberi ruang bagi paru-paru berkembang dan terisi dengan oksigen. Diafragma akan kembali rileks dan bergerak ke atas menuju rongga dada saat Anda membuang napas.

Rata-rata laju pernapasan manusia dewasa yang sehat dalam keadaan santai adalah 12-20 kali napas per menit. Namun ketika berada dalam situasi stres, diafragma justru merata sehingga kita bernapas dengan lebih cepat dan pendek.

Kondisi ini menyebabkan paru-paru tidak mendapat porsi udara beroksigen yang maksimal. Akibatnya, Anda kemudian merasa sesak napas. Ketidaknyamanan karena tidak bisa bernapas normal dapat membuat tingkat stres, tekanan darah, dan kecemasan Anda makin meningkat.

Baca juga: Tips Sehat, Cara Sehat Hubungan Suami Istri, 4 Jenis Orgasme Wanita dan Titik Sensitifnya

Gerakan dalam yogamarta yang memadukan gerakan senam, pencak silat dan tarian khas Indonesia.
Gerakan dalam yogamarta yang memadukan gerakan senam, pencak silat dan tarian khas Indonesia. (SURYA.co.id/Christine Ayu Nurchayanti)

Manfaat menarik napas dalam
Bila dilakukan dengan tepat, menarik napas dalam dapat memberikan berbagai manfaat. Berikut adalah berbagai khasiatnya.

1. Mengurangi stres
Penelitian membuktikan bahwa menyisihkan waktu sejenak untuk menyendiri dan menarik napas dalam ampuh membuat Anda lebih kalem dan rileks.

Sistem saraf otonom yang mengontrol tindakan tak sadar seperti detak jantung dan pernapasan terbagi menjadi dua bagian, yaitu sistem saraf simpatik yang mengontrol respons fight or flight, dan sistem saraf parasimpatis yang mengontrol respons istirahat dan relaksasi.

Ketika stres, sistem saraf simpatik akan bekerja lebih aktif dengan membuat napas dan detak jantung bekerja lebih cepat. Dengan menarik napas dalam-dalam, aliran udara yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak sehingga akan membantu menenangkan sistem saraf.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved