Breaking News:

Aksi Tipu-tipu Pejabat Kemenag Raup Untung Rp 2 M dari Modus Calo CPNS 12 Honorer, Kini di Penjara

Aksi tipu-tipu yang dilakukan seorang oknum PNS pejabat Kemenag di Jakarta bisa menghasilkan uang Rp 2 miliar dengan modus janji meloloskan CPNS.

SURYA.CO.ID /DAVID YOHANES
ILUSTRASI. Situs Penerimaan CPNS 2021. Kasus calo CPNS melibatkan oknum PNS pejabat Kemenag di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat berujung ke laporan polisi. Pejabat yang menjadi calo CPNS tersebut meraup untung Rp 2 miliar. 

SURYA.co.id – Aksi tipu-tipu yang dilakukan seorang oknum PNS pejabat Kementerian Agama (Kemenag) di Jakarta bisa menghasilkan uang Rp 2 miliar dengan modus janji memasukkan korban lolos CPNS.

Hasil uang sebesar itu diduga menipu 12 tenaga honorer di Kabupaten Pangandaran yang sebelumnya dijanjikan lolos Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Namun hasilnya, setelah ditunggu-tunggu sekian tahun, janji-janji itu tak kunjung datang juga.

Alhasil, korban pun melaporkan perbuatan terduga MSP (57) alias D ke kepolisian setempat. Kini D meringkuk di penjara Polres Ciamis. 

Dari laporan korban ke polisi, ada yang rela menyetor hingga mencapai Rp 300 juta. Namun, besaran untuk korban lainnya bervariasi. 

MSP dibekuk di rumahnya di kawasan Cipete Selatan Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan usai salat Subuh Minggu (18/4/2021) sekitar pukul 04.30 WIB oleh tim Unit Resmob Satreskrim Polres Ciamis.

“Kami masih terus mendalami kasus dengan tersangka MSP ini,” ujar Kanit Resmob Polres Ciamis Aiptu Bambang Siswo Suroso kepada Tribun (grup SURYA.co.id) Rabu (21/4/2021).

Bambang mengungkapkan, MSP ditangkap atas laporan dua korban, yakni Suk dan Uj, tenaga honorer di Kabupaten Pangandaran.

“Kami hanya menangani dua LP (laporan perkara) dari kedua korban tersebut,” katanya.

Lebih jauh kata Bambang, dari korban Suk ada 6 saksi yang sudah dimintai keterangan.

Halaman
123
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved