Breaking News:

Berita Surabaya

Gandeng A2K3, Komunitas Wartawan Susun Panduan K3 Jurnalis

Tingginya risiko pekerjaan yang ditanggung jurnalis memantik kesadaran tentang pentingnya penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

surya.co.id/ahmad zaimul haq
K3 JURNALIS - Tiga pemateri sebagai pemantik diskusi, Kabid Pengawasan Disnakertrans Provinsi Jatim Sigit Priyanto, Katamsi Ginano selaku General Manager External Affairs PT Merdeka Copper Gold dan satu narasumber lagi adalah Edi Priyanto sebagai Direktur SDM PT Pelindo III (Persero) sekaligus anggota Asosiasi Ahli K3 (A2K3) dalam Komunitas Wartawan Peduli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Jawa Timur diskusi pembuatan Panduan K3 khusus untuk wartawan dan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Usulan Panduan Identifikasi Budaya dan Perilaku Risiko K3 Wartawan di Whiz Capsule Hotel Grand Bromo, Sukapura, Kabupaten Probolinggo, 3-4 April 2021. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tingginya risiko pekerjaan yang ditanggung jurnalis memantik kesadaran tentang pentingnya penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Hal itu mendorong, sekitar 50 pewarta yang tergabung dalam Komunitas Wartawan Peduli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Jawa Timur menginisiatori pembuatan Panduan K3 khusus untuk wartawan.

Para jurnalis menggandeng Asosiasi Ahli K3 (A2K3), yang telah mumpuni membuat dan mengawal penerapan K3 di berbagai sektor.

Dipadu dengan para pelaku bisnis di sektor pertambangan dan pelabuhan, para jurnalis mengidentifikasi bahaya-bahaya yang mengancam keselamatan dan kesehatan jurnalis.

Kabid Pengawasan Disnakertrans Provinsi Jatim Sigit Priyanto memberikan apresiasi luar biasa terhadap inisiatif Komunitas Wartawan Peduli K3 Jawa Timur tersebut.

"Panduan K3 bagi jurnalis sangatlah penting. Sebab pekerjaan jurnalis penuh risiko. Apalagi, sampai hari ini belum ada panduan K3 bagi jurnalis seperti halnya panduan K3 bagi sektor industri lainnya," kata Sigit.

Sigit mengungkapkan hal tersebut saat hadir dalam Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Usulan Panduan Identifikasi Budaya dan Perilaku Risiko K3 Wartawan, yang digelar di Whiz Hotel, Sukapura, Probolinggo, Sabtu (3/4/2021).

Menurut Sigit, jurnalis atau wartawan mempunyai peran dan tanggung jawab yang besar.

Mereka menulis, menganalisis, dan melaporkan suatu peristiwa kepada khalayak melalui media massa secara teratur.

"Jurnalis memperoleh dan menjaga informasi akurat untuk disampaikan ke publik," ungkap Sigit.

Halaman
1234
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved