Breaking News:

Kasus Rizieq Shihab

Fakta Rizieq Shihab Pilih Ngaji dan Abaikan Pertanyaan Hakim, Ini Tanggapan Mahfud MD hingga KY

Sebuah peristiwa di persidangan dipertontokan Rizieq Shihab alias Habib Rizieq saat menolak mengikuti sidang virtual dalam 3 kasus yang menjeratnya.

Editor: Iksan Fauzi
Kompas.com/Sonya Teresa/Tribunnews.com, Vincentius Jyestha
Rizieq Shihab tiba di Polda Metro Jaya pada Sabtu (12/12/2020). Foto kanan : Menko Polhukam Mahfud MD bersama pengacara Hotman Paris setelah ngobrol dan ngopi bareng di kedai kopi dan bakpao Kwon Kupang Kopi Johny, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (20/3/2021). Sebuah drama ditunukkan Rizieq Shihab saat sidang virtual 3 kasus yang menjeratnya. Diam ketika ditanya hakim, ternyata fokus ngaji di sudut ruangan Rutan Bareskrim Polri. 

SURYA.co.id | JAKARTA – Sebuah peristiwa di persidangan dipertontokan Rizieq Shihab alias Habib Rizieq saat menolak mengikuti sidang virtual dalam 3 kasus yang menjeratnya, Jumat (19/3/2021).

Puncak drama Rizieq Shihab terjadi ketika majelis hakim bertanya kepadanya. Alih-alih menjawab, Rizieq Shihab malah diam saja. 

Dalam video yang diunggah di Youtube Kompas TV, Rizieq Shihab terlihat fokus mengaji dan tanpa menggubris pertanyaan hakim.

Sebelumnya, mengawali persidangan, Rizieq Shihab sudah menolak mengikuti sidang dari Rutan Bareskrim Polri.

Bahkan, dia marah ketika jaksa penuntut umum (JPU) memaksanya berada di depan kamera yang digunakan untuk sidang virtual. 

Baca juga: Rizieq Shihab Marah Dipaksa Sidang Virtual, Majelis Hakim: Gunakan Cara Apapun Agar Terdakwa Hadir

Baca juga: Rizieq Shihab Merendahkan Kehormatan dan Martabat Hakim? KY Buat Analisis, Ini Sanksi Jika Terbukti

Terdakwa Rizieq Shihab alias Habib Rizieq awalnya menolak hadir di sidang virtual yang digelar dari Rutan Bareskrim Polri. Majelis hakim pun minta jaksa menghadirkan terdakwa dengan cara apapun.
Terdakwa Rizieq Shihab alias Habib Rizieq awalnya menolak hadir di sidang virtual yang digelar dari Rutan Bareskrim Polri. Majelis hakim pun minta jaksa menghadirkan terdakwa dengan cara apapun. (Kolase Kompas TV/TribunJakarta)

Hingga akhirnya, Rizieq pun dipaksa dengan dipegangi sejumlah aparat yang diperintahkan majelis hakim agar dia hadir di persidangan.

Sikap Rizieq Shihab pun menuai berbagai komentar dari khalayak umum, terutama dari pakar hukum pidana maupun Komisioner Yudisial (KY).

Dalam peristiwa itu, Rizieq Shihab diindikasikan merendahkan kehormatan hakim. 

Sehari kemudian, sikap Rizieq Shihab yang tidak kooperatif saat sidang virtual juga menjadi pertanyaan Hotman Paris kepada Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD.

Bagaimana srama Rizieq Shihab di depan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur di saat tiga kasusnya disidangkan secara virtual? 

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved