Berita Surabaya

PT Amartha Mikro Fintek Rilis Hasil Riset Pentingnya Manfaatkan Kanal Digital buat Pengembangan UMKM

PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) meluncurkan hasil riset terbaru yang bertajuk The Indonesia Grassroots Entrepreneurs Report.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: irwan sy
habibur rohman/surya.co.id
AVP Marketing & PR Amartha Rezki Warni (jas putih) da Chief Editor UKMIndonesia.Id Dewi Meisari Haryanti (berkacamata) membahas temuan hasil The Indonesia Grassroots Entrepreneur Report di Surabaya, Rabu (7/9/2022). PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) akan memperluas jangkauan pembiayaan UMKM di Jawa Timur. 

Berita Surabaya

SURYA.co.id | SURABAYA - PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) meluncurkan hasil riset terbaru yang bertajuk The Indonesia Grassroots Entrepreneurs Report.

Temuan utama riset ini menunjukkan bahwa pelaku UMKM di Indonesia sudah memiliki tingkat inklusi keuangan yang baik.

Namun tidak banyak UMKM yang sudah memanfaatkan kanal digital untuk mengembangkan usaha mereka.

Rezki Warni, AVP Marketing & PR Amartha, mengatakan, Amartha sebagai perusahaan yang fokus pada pengembangan UMKM, melakukan riset ini dengan tujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mendukung kemajuan UMKM.

"Terutama dari sisi inklusi keuangan dan adopsi digital. Harapannya, riset ini dapat menjadi referensi bagi berbagai stakeholder, untuk bersama-sama mengambil peran dalam memajukan UMKM Indonesia," kata Tia, sapaan akrab Rezki Warni, Rabu (7/9/2022) saat media briefing di Surabaya.

Dalam menjalankan riset ini, Amartha menggandeng Katadata Insight Center untuk mengetahui lanskap UMKM Indonesia terhadap penggunaan produk keuangan dan adopsi digital.

"Riset ini diukur menggunakan Amartha Prosperity Index, yaitu sebuah indeks yang disusun untuk memahami bagaimana kondisi pelaku UMKM pada saat ini dalam ranah perilaku finansial dan digital," jelas Tia.

Survei ini dilakukan pada bulan November 2021 dan melibatkan 402 orang pelaku usaha mikro dan ultra mikro yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, yaitu Bodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Lampung, Sumatera Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Riset ini mengutamakan responden yang berdomisili di wilayah sub-urban, sesuai dengan karakteristik mitra Amartha.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved