Berita Blitar

Kasus Covid-19 Terkendali, Pemkot Blitar Tutup Operasional Rumah Isolasi Akhir Juni 2022

Pemkot Blitar akan menutup operasional Rumah Isolasi (Rumis) Covid-19 di akhir Juni 2022.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/samsul hadi
Pengendara melintas di depan Rumis di bekas asrama mahasiswa Poltekkes Malang, Jl Dr Soetomo, Kota Blitar, Senin (27/6/2022). 

SURYA.CO.ID, BLITAR - Pemkot Blitar akan menutup operasional Rumah Isolasi (Rumis) Covid-19 di akhir Juni 2022.

Operasional Rumis yang berada bekas asrama mahasiswa Poltekkes Malang di Jl Dr Soetomo, Kota Blitar, dihentikan setelah perkembangan kasus Covid-19 di Kota Blitar dianggap sudah terkendali.

"Sesuai instruksi pimpinan dan hasil rapat internal, kami memutuskan menutup operasional Rumah Isolasi akhir bulan ini," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar, Dharma Setiawan, Senin (27/6/2022).

Dharma mengatakan semua relawan yang membantu operasional di Rumis juga akan dikembalikan lagi ke masyarakat.

"Tapi, kami mendapat tugas dari pimpinan agar tetap menyediakan fasilitas untuk mengantisipasi bila terjadi lagi lonjakan kasus Covid-19," ujarnya.

Baca juga: Komplotan Pengutil Baju Bermerek di Mal Kota Surabaya, Satu Pelaku Kini Buron

Sebagai pengganti Rumis, Dinkes menyediakan Rumis darurat di dua tempat, yaitu, di Puskesmas Kepanjenkidul dan Puskesmas Sananwetan.

"Kami menyediakan dua tempat untuk Rumis darurat pertama gedung dua lantai di Puskesmas Kepanjenkidul dan bekas rumah dinas dokter di Puskesmas Sananwetan. Petugas dari Dinkes dan Puskesmas," katanya.

Menurut Dharma, status pandemi Covid-19 di Kota Blitar saat ini terkendali. Pasca Lebaran sampai sekarang tidak ditemukan kasus baru konfirmasi Covid-19 di Kota Blitar.

Baca juga: Sempat Hilang dari Pasar Kabupaten Lumajang, Harga Cabai Rawit Kini Tembus Rp 100.000/Kilogram

"Status Kota Blitar pandemi terkendali, konfirmasi tidak ditemukan, transmisi lokal juga tidak ditemukan. Meski kondisi Kota Blitar aman, kami mengimbau masyarakat tetap melaksanakan prokes selama status pandemi belum dicabut menjadi endemi," ujarnya.

Dharma juga meminta masyarakat khususnya para lansia dan komorbit yang belum vaksin Covid-19 segera vaksin di sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan di Kota Blitar.

"Vaksin juga salah satu upaya mencegah penyebaran kasus Covid-19," katanya.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved