TIPS SEHAT

Tips Sehat, Masa PPKM Omicron, Ini Cara Atasi Mata Lelah dan Gangguan Tidur, Akibat Menatap Gadget

Bekerja, sekolah, dan beraktivitas di dalam rumah, termasuk dalam menikmati hiburan. Sudah tentu, menatap gadget jadi aktivitas utama

Editor: Suyanto
Freepik by freepik
Ilustrasi mata lelah 

SURYA.coid I Gadget sudah tidak bisa lagi dipisahkan dari hidup sehari-hari, apalagi di masa PPKM seperti sekarang ini.

Bekerja, sekolah, dan beraktivitas  di dalam rumah, termasuk dalam menikmati hiburan. Sudah tentu, menatap gadget menjadi aktivitas utama. Menatap layar HP, komputer, maupun TV bisa berjam-jama.

Aktivitas memeloti layar berlama-lama ini bisa membuat mata lelah, bahkan menyebabkan gangguan.

Cara berikut menjadi salah satu solusi mengurangi kelelahan mata.

Dikutip dari laman Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), menatap telepon selular atau komputer sangat melelahkan mata.

Baca juga: Tips Sehat, Omicron Menggila, Begini Cara Mendeteksi, Cara Obati Omicron, Info Panduan Isoman

Baca juga: Tips Sehat, Ibu Hamil Terpapar Covid-19, Ini yang Perlu Disiapkan, Kenali Dampaknya Pada Janin

ANAK - Caleg PKB Dapil 2 DPRD Kota Surabaya Camelia Habiba mendampingi anak-anak yang main HP di salah satu warung kopi (warkop), di Kampung Songo atau Hang Tuah, Kelurahan Ujung, Kecamatan Semampir, Senin (4/3/2019) lalu.
Anak-anak yang main HP di salah satu warung kopi (warkop), di Kampung Songo  Kelurahan Ujung, Kecamatan Semampir, Senin (4/3/2019) lalu. (foto: istimewa)

Pada dasarnya, berfokus pada objek yang sama, menatap ke satu arah secara terus-menerus dan dalam jarak sama dapat membawa efek buruk pada otot-otot mata, dan bisa merusak penglihatan.

Profesor Chris Lohmann yang bekerja di rumah sakit Universitas Teknik München, Jerman, mengatakan kebiasaan ini meningkatkan risiko berkurangnya ketajaman penglihatan jarak jauh.

"Biasanya, kita mengedipkan mata setiap 10 detik. Tapi jika menatap layar, kita hanya kedip setiap 30 atau 40 detik," ujar Profesor Chris Lohmann.

Berkurangnya refleks berkedip membuat mata lelah. Lapisan air mata terkoyak, dan mata mulai terasa gatal atau kering. Mata pun kehilangan kemampuan untuk berfokus.

Tips Mengurangi Kelelahan Mata

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved