Breaking News:

TIPS SEHAT, Penderita Asam Urat Perlu Tahu, Ini 4 Menu Makan Malam yang Baik

Bagi anda penderita asam urat, biasanya akan diminta oleh dokter untuk menghindari segala jenis makanan dengan kadae purin tinggi.

Editor: Suyanto
surya.co.id/mohammad romadoni dan foto istimewa
DANGING - Daging tanpa lemak, baik dikonsumsi penderita asam urat. 

SURYA.co.id I Bagi anda penderita asam urat, biasanya akan diminta oleh dokter untuk menghindari segala jenis makanan dengan kadae purin tinggi.

Makanan purin tinggi jelas pantangan. Sekali disentuh akan langsung terasa akibatnya. Makanan purin tinggi itu misalnya kerang, jeroan, ikan tertentu seperti makarel misalnya, lalu daging bebek dan angsa pun menjadi pantangan.

Biasanya dokter akan meminta penderita asam urat diet makanan dengan purin tinggi.

Tidak bingung, masih banyak sederet makanan yang rendah purin, yang layak dikonsumsi selama diet, terutama saat makan malam.

Dikutip dari laman Halosehat pada artikel "Penderita Asam Urat, Ini 4 Menu Makan Malam Rendah Purin yang Bisa Dikonsumsi", berikut menu makan malam untuk penderita asam urat

1. Gandum Olahan yang Diperkaya Nutrisi

Sah-sah saja kok untuk mengonsumsi gandumolahan walau sebenarna nasi merah, roti gandum utuh, hingga oatmeal disarankanuntuk dibatasi karena purin tinggi. Hanya saja bukan berarti kita sama sekalitidak boleh mengonsumsinya. Sebab pembatasan 2 porsi gandum utuh dalam semingguitu lebih baik.

Bila ingin diet rendah purin makin berhasil, masukkanlah nasi putih rendah purin yang juga sudah diperkaya dengan vitamin sekaligus serat. Walau gandum olahan biasanya kadar nutrisinya berkurang karena proses pengolahan itu sendiri, ada pula gandum olahan yang tetap diperkaya nutrisi tambahan dan selalu pilih produk dengan kadar gula rendah.

Baca juga: Tips Sehat Masa Pandemi: 8 Cara Tingkatkan Imunitas Tubuh

2. Buah dan Sayur Tertentu

Makan malam yang sehat adalah yang dilengkapi dengan buah serta sayur rendah purin. Itulah alasan mengapa kacang-kacangan, polong-polongan, buah alpukat, bayam, kembang kol, asparagus, dan juga jamur perlu cukup dikonsumsi 2 kali dalam seminggu. Sementara untuk menu yang dianjurkan antara lain adalah selada hijau, brokoli yang dikukus, tomat, lobak, serta mentimun; jadikan salad dengan saus bebas lemak sebagai dressing.

Baca juga: TIPS SEHAT: Musim Flu Tiba, Usir Pakai Makanan Pedas, Ini 4 Bahan yang Terbukti Ampuh

3. Produk Susu Rendah/Bebas Lemak

Menu makan malam rendah purin yang bisa dikonsumsi antara lain adalah keju, yogurt serta susu dengan kandungan bebas lemak atau setidaknya rendah lemak. Ini karena menurut laporan dari sebuah hasil studi 2004 pada New England Journal of Medicine, mengonsumsi produk susu secara rutin mampu menurunkan risiko asam urat.

Baca juga: Peneliti: Corona Delta Banyak Menyasar Anak Muda, Gejalanya Flu, Ini Cara Bedakan dengan Flu Biasa

4. Daging Tanpa Lemak

Para pecinta daging tapi memiliki kadar asam urat tinggi, diet rendah purin tetap dapat mengonsumsi daging kok. Pastikan ikan, daging unggas serta daging merah memiliki kadar purin rendah, termasuk juga yakni daging tanpa lemak. Protein hewani ini pun harus tetap dibatasi dengan tepat, yakni sehari 4-6 ons saja seperti yang disarankan oleh NYU Langone Medical Center.

Itu dia sederet makanan untuk menu makanmalam yang baik dan menyehatkan bagi yang kini menjalani diet rendah purin.Konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter lebih jauh lagi mengenai diet inibeserta menu yang aman agar dapat melakukannya secara tepat dan hasilnyasukses.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved