Breaking News:

TIPS SEHAT MASA PANDEMI

Peneliti: Corona Delta Banyak Menyasar Anak Muda, Gejalanya Flu, Ini Cara Bedakan dengan Flu Biasa

para peneliti mengatakan bahwa sakit kepala, sakit tenggorokan dan pilek flu menjadi gejala paling dominan pada kasus Covid-19 di Inggris.

Editor: Suyanto
Freepik by user1115205
FLU. Menjadi gejala paling banyak dari Covid-19 varian Delta. Begini cara membedakannya dengan flu musiman. 

SURYA.co.id I - Covid-19 varian Delta semakin mendominasi penularan Covid-19 di seluruh dunia. Varian virus corona B.1.617.2 atau Delta adalah varian virus corona yang ditemukan bermutasi pertama kali di India.

Varian Delta sekitar 50 persen lebih menular dibanding varian lainnya.

Melansir BBC, Rabu (14/7/2021), para peneliti mengatakan bahwa sakit kepala, sakit tenggorokan dan pilek flu menjadi gejala paling dominan pada kasus Covid-19 di Inggris.

Peneliti yang melakukan studi Zoe Covid Symptom, Prof Tim Spector, mengatakan orang yang tertular varian virus corona Delta bisa merasakan gejala pile' atau mirip flu musiman. Ia juga menjelaskan, varian Delta ini banyak dilaporkan pada kelompok orang yang lebih muda.

Baca juga: UPDATE COVID INDONESIA: Masih Naik Terus, Kini 56.757 Kasus Sehari

Cara membedakan gejala Covid-19 varian Delta dengan flu musiman

Seperti diketahui, gejala Covid-19 biasa, yang disebabkan oleh varian awal virus corona SARS-CoV-2, umumnya menurut NHS adalah sebagai berikut.

Batuk
Demam
Kehilangan bau (anosmia) atau rasa
Kendati demikian, Prof Spector mengatakan sekarang gejala-gejala Covid-19 biasa tersebut kurang umum pada orang yang terinfeksi virus corona varian Delta. Tampaknya gejala Covid-19 varian Delta ini cenderung mirip flu musiman.

Hal itu didasarkan oleh data yang diterima para peneliti di Zoe Covid Symptom, yang telah mencatat gejala Covid-19 varian Delta yang dialami oleh ribuan orang di sebuah aplikasi. "Sejak awal Mei, kami telah melihat gejala teratas pada pengguna aplikasi, dan mereka (gejala Covid-19 awal) tidak sama seperti sebelumnya (gejala varian Delta)," katanya.

Baca juga: TIPS SEHAT, Begini Cara Membersihkan Kamar Bekas Isolasi Mandiri di Rumah

Perubahan itu tampaknya terkait dengan peningkatan infeksi varian delta, yang kali pertama teridentifikasi di India. Jadi, apa saja gejala Covid-19 varian Delta ini?

Simak cara membedakan gejala Covid-19 varian Delta dengan flu musiman

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved