Breaking News:

TIPS SEHAT MASA PANDEMI

Ini 6 Obat Covid yang Ada di Apotik, Begini Cara Ceks Ketersediaan dan Lokasi Apotik Secara Online

Plt Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan, Arianti Anaya mengatakan, Kemenkes sedang menyiapkan aplikasi Farma Plus.

Editor: Suyanto
Istimewa/Polres Ponorogo
Vaksinasi Covid-19 massal di Gerai Vaksinasi Presisi, Ponorogo. Lihat 6 obat covid-19 yang tersedia di apotik-apotik di Indonesia 

SURYA.co.id I JAKARTA - Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan, Arianti Anaya mengatakan, Kemenkes sedang menyiapkan aplikasi Farma Plus.

Melalui aplikasi ini, masyarakat bisa mengecek ketersediaan obat-obatan berikut lokasi apotiknya.

Baca juga: TIPS SEHAT MASA COVID: Isolasi di Rumah, Ini 5 Cara Mudah Meningkatkan Saturasi Oksigen

Baca juga: Tips Sehat Masa Pandemi: 8 Cara Tingkatkan Imunitas Tubuh

Arianti menyebut, nantinya obat yang dicari masyarakat dapat ditemukan di apotek yang disebutkan di aplikasi Farma Plus, misalnya obat azythromycin yang ada di apotek Kimia Farma.

"Nanti apotik Kimia Farma-nya juga bisa diakses, ini di daerah mana apotik Kimia Farmanya, Farma Plus ini jejaringnya sampai ke seluruh Indonesia," ucap Arianti, Sabtu (10/7/2021).

6 Jenis Obat Covid

Selain aplikasi, ketersediaan obat tersebut juga bisa dicek melalui situs https://farmaplus.kemkes.go.id/

Di situs https://farmaplus.kemkes.go.id/ tersebut, setidaknya ada enam jenis obat untuk Covid-19. Obat-obat itu bisa diperoleh di 4.444 apotek, tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam tampilan situs tersebut, terlihat jumlah kesediaan obat yang ada di apotek. Ada enam macam obat, yaitu Azithromycin, Favipiravir, Ivermectin, Oseltamivir, Remdesivir dan Tocilizumab.

Jika masyarakat ingin mengatahui lokasi obat yang tersedia, hal yang perlu dilakukan hanya memilih jenis obat, provinsi dan kabupaten/kota tempat tinggal.

Kemudian, situs Farma Plus akan mengeluarkan alamat beberapa apotek yang menyediakan obat yang dicari tersebut.

Di sisi lain, Arianti memastikan stok obat-obatan terapi Covid-19 pada saat ini masih mencukupi di tengah lonjakan kasus Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir.

Untuk memastikan ketersediaan obat, pemerintah terus mendorong industri farmasi swasta maupun BUMN untuk terus meningkatkan produksinya sambil mempercepat proses impor obat dari luar negeri.

Pemerintah juga mendorong agar para industri sesegera mungkin mendistribusikan obat-obatan ke fasilitas-fasilitas kesehatan dan rumah sakit. "Sehingga tidak ada penimbunan dari obat-obatan di industri ataupun PBF agar masyarakat bisa terus menagkses obat-obatan yang ada, yang tentunya sangat dibutuhkan oleh masyarakat," kata Arianti.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Cek Stok Obat Covid-19 Melalui "Link" Berikut...",

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved