Breaking News:

Berita Trenggalek

Pemkab Trenggalek Lucurkan Program Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk Lansia di Desa-Desa

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin meluncurkan program pemeriksaan gratis bagi para lanjut usia (lansia)

surya.co.id/aflahul abidin
Para lansia mengikuti pengecekan kesehatan di Kantor Desa Bendorejo, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek, Selasa (4/5/2021). 

SURYA.CO.ID, TRENGGALEK – Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin meluncurkan program pemeriksaan gratis bagi para lanjut usia (lansia) di desa-desa, Selasa (4/5/2021).

Lewat Program yang diberi nama Harapan Masyarakat Optimis untuk Hidup Sehat (Harmonis) Mantap itu, para tenaga kesehatan akan mengunjungi tiap desa untuk memeriksa para lansia yang ada di sana.

Pada hari ini, puluhan lansia berusia di atas 60 tahun di Desa Bendorejo, Kecamatan Pogalan, dicek kesehatannya secara di halaman Kantor Desa.

Setelah mengecek tiap lansia, para tenaga kesehatan memberikan obat atau multivitamin secara gratis.

Menurut Bupati yang akrab disapa Mas Ipin itu, program itu mendorong sisi promotif dan preventif terhadap kesehatan masyarakat.

“Sehingga bukan dari sisi pengobatan kuratifnya. Tapi lebih ke arah deteksi dini terkait risiko kesehatan tiap warga, utamanya lansia,” ujar Mas Ipin.

Baca juga: Sanksi Tegas Bagi ASN Ponorogo yang Nekat Mudik, Sekda: Hanya Boleh Satu Bakorwil

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan setempat, angka kematian tertinggi di Kabupaten Trenggalek disumbang oleh penyakit kronis. Seperti diabetes dan hipertensi.

Nah, program ini diharapkan dapat membantu warga untuk mendeteksi dini risiko penyakit yang dipunyai.

Maklum, banyak warga di desa-desa yang tak sadar bahwa dirinya sebenarnya mengidap masalah kesehatan tertentu karena minimnya pengecekan.

“Jika mampu dideteksi dini, nanti dokter di sini akan memberi masukan agar masalah kesehatannya bisa ditangani. Mungkin dengan mengubah pola hidupnya, pola makannya, mengatur kegiatannya, dan sebagainya,” sambung dia.

Politisi PDI Perjuangan itu menyebut, pemkab memiliki beberapa program yang fokus pada deteksi dini risiko kesehatan.

Salah satunya, program sehat dibayar yang berisi pemberian reward bagi keluarga prasejahtera yang mau menjalankan pola hidup sehat.

“Ini nanti seluruh program yang ada di Trenggalek akan kami sinergikan supaya bisa memberi manfaat yang maksimal,” sambungnya.

Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring mengatakan, kepolisian turut andil dalam memfasilitasi pelaksanaan program itu.

“Kami kerja sama dengan pemerintah daerah untuk bisa melaksanakan program ini. Selama ini masyarakat datang ke rumah sakit ketika telah sakit. Harapannya, dengan ad

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved