Breaking News:

Idul Adha 2020

Bupati Pamekasan Salat Idul Adha di Masjid Agung Asy-Syuhada, Ini Pesan yang Disampaikan

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam beserta jajaran Forkopimda melaksanakan Salat Idul Adha di Masjid Agung Asy-Syuhada

tribun jatim/kuswanto ferdian
Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam saat memberikan sambutan di Masjid Agung Asy-Syuhada ketika melaksanakan salat Idul Adha, Jumat (31/7/2020) 

SURYA.CO.ID, PAMEKASAN - Bupati Pamekasan Baddrut Tamam beserta jajaran Forkopimda melaksanakan Salat Idul Adha di Masjid Agung Asy-Syuhada, Jumat (31/7/2020).

Sebelum salat dimulai, Baddrut Tamam sempat memberikan sambutan kepada ribuan jemaah yang salat di masjid terbesar di Pamekasan ini.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam mengatakan, Hari Raya Idul Adha tahun 2020 ini, memiliki keistimewaan, sebab bersamaan dengan puncak Ibadah Haji di tanah suci.

Keistimewaan lainnya, kata dia, ummat Islam disunnahkan menyembelih hewan kurban, setelah menunaikan salat Idul Adha dan pada hari Tasyrik, yakni tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah.

Kepada seluruh umat islam di Kabupaten Pamekasan, politisi PKB itu berharap, agar momentum Hari Raya Idul Adha di masa pandemi Covid-19 ini, bisa mengantarkan pada puncak kesadaran spiritual dan sosial dengan keihklasan mengorbankan yang terbaik dari yang dimiliki untuk saudara lain yang kurang beruntung.

Baddrut Tamam juga menjelaskan, dalam ajaran agama Islam, kurban tidak sekadar memiliki dimensi religius yang menghubungkan makhluk dengan Allah SWT.

Dan kurban juga bukan sekadar ritual penyembelihan binatang dan aktivitas membagikan daging hewan kepada mereka yang tidak mampu.

Kata dia, kurban memiliki dimensi sosial dan akar sejarah yang sangat kuat serta memiliki posisi vital di masyarakat.

Ibadah kurban, menurut Baddrut Tamam menuntun manusia untuk menanamkan rasa kemanusiaan dan jiwa sosial.

“Rasulullah Muhammad SAW bersabda, perbesarlah kurban-kurban kalian, sebab kurban itu akan menjadi kendaraan dalam melewati jembatan Ash-Shirat menuju surga,” katanya mengutip sebuah hadits Nabi Muhammad SAW tentang ibadah Kurban.

Halaman
12
Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved