Berita Nganjuk

Optimistis Harga Bawang Merah Capai Rp 15 Ribu Per Kilogram, Bupati Nganjuk Instruksikan Solusi ini

Bupati Nganjuk optimis, hingga akhir pekan ini harga bawang merah di tingkat petani sudah bisa mencapai kisaran Rp 14 ribu - Rp 15 ribu per kilogram.

Optimistis Harga Bawang Merah Capai Rp 15 Ribu Per Kilogram, Bupati Nganjuk Instruksikan Solusi ini
surya.co.id/ahamd amru muiz
Bupati Nganjuk Mas Novi dalam sebuah acara. 

SURYA.CO.ID |NGANJUK - Dalam waktu sepuluh hari, harga bawang merah yang sempat jatuh hingga menyentuh Rp 6 ribu per kilogram mulai dapat dinaikkan berkat solusi dari Pemkab Nganjuk.

Bupati Nganjuk optimis, hingga akhir pekan ini harga bawang merah di tingkat petani sudah bisa mencapai kisaran Rp 14 ribu - Rp 15 ribu per kilogram.

"Ini berdasarkan evaluasi kami setelah melakukan sejumlah solusi dalam kurun waktu 10 hari harga jual bawang merah petani sudah mencapai sekitar Rp 11 ribu - Rp 12 ribu per kilogramnya," kata Novi Rahman Hidhayat, Bupati Nganjuk, Rabu (11/9/2019).

Dijelaskan Mas Novi, panggilan Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidhayat, pihaknya mengetahui harga bawang merah anjlok saat panen raya sebenarnya langsung menggelar rapat tak henti selama tiga hari berturut-turut dengan Disperindag, Dinas Ketahanan Pangan, dan Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk.

Hal itu dilakukan untuk memantau perkembangan harga sekaligus mencari serta menerapkan solusi-solusi.

"Alhamdulillah, upaya kami untuk kembali menaikkan harga bawang merah petani membuahkan hasil sehingga ancaman kerugian besar para petani bisa dihindari," ucap Mas Novi.

Lebih lanjut diungkapkan Mas Novi, sejumlah solusi untuk menaikkan harga bawang merah petani yakni dengan melakukan komunikasi dengan daerah lain yagn membutuhkan bawang merah.

Dengan demikian ada distribusi penjualan langsung bawang merah ke daerah yang membutuhkan dengan harga lumayan tinggi.

Seperti pengiriman langsung bawang merah hasil panen petani ke Pulau Kalimantan dan Pasar-pasar di Surabaya.

Di samping itu, ungkap Mas Novi, Pemkab Nganjuk juga menjalankan solusi tunda jual hasil panen bawang merah petani dengan menggandeng sejumlah perbankan.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved