Pilpres 2014

DPT Pilpres di Jatim Tembus 30,6 Juta

Meski DPT ini sudah diumumkan, KPU akan terus melakukan pemutakhiran hingga H-7 pemungutan suara.

SURYA Online, SURABAYA - Komisioner KPU Jatim Choirul Anam menjelaskan, jumlah DPT Pilpres meningkat dibanding Pileg 9 April lalu. Sebaliknya, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) malah turun, karena kuota per TPS ditingkatkan menjadi 800 orang dari yang semula hanya 500 orang per TPS.

Kata Anam, jumah DPT Pilpres di Jatim sekitar 30.639.900 orang, atau bertambah 93.935 pemilih dari DPT Pileg yang berjumlah 30.545.935 pemilih. Sedangkan total TPS di Jatim sebanyak 75.979 buah.

Mantan Komisioner KPU Kota Surabaya menambahkan, DPT merupakan syarat terpenting agar demokrasi lebih berkualitas. Untuk itu seluruh warga negara yang memenuhi syarat, harus didaftar supaya bisa menggunakan hak pilih yang sudah diatur dalam konstitusi negara. Meski DPT ini sudah diumumkan, KPU akan terus melakukan pemutakhiran hingga H-7 pemungutan suara.

Sehingga pemilih yang belum masuk DPT, tapi sudah memenuhi syarat punya hak pilih, dapat dimasukkan Daftar Pemilih Khusus (DPK) hingga H-7 pencoblosan. "Demikian juga dengan pemilih yang ingin pindah pilih, sekarang bisa mengurus di tempat yang diinginkan asal sebelum H-10 lapor ke KPU kabupaten/kota," ungkapnya, Rabu (11/6/2014).

Begitu juga Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKT) bisa menggunakan hak pilih cukup dengan membawa KTP tapi menggunakan hak suaranya diatas pukul 12.00 WIB.

Untuk DPT Pilpres, KPU menyatakan bahwa masyarakat dapat mengakses secara online. Hal ini menjadi bagian dari transparansi. "Kami juga akan membikin dua TPS Khusus di Bandara Internasional Juanda I dan II yang petugasnya diisi oleh pegawai bandara," imbuh Anam.

Tags
DPT
Penulis: Mujib Anwar
Editor: Adi Agus Santoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help