Berita Kota Pasuruan

Buka Pelatihan Kepustakaan untuk Guru SD Kota Pasuruan, Gus Ipul Berharap Tingkatkan Kualitas SDM

tenaga pendidik diharapkan mampu menjadikan perpustakaan tempat yang nyaman bagi peserta didiknya di tengah modernisasi.

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Deddy Humana
surya/galih lintartika
Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Perpustakaan Bagi Guru Sekolah Dasar di lingkungan Pemkot Pasuruan, Kamis (25/5/2023). 

SURYA.CO.ID, KOTA PASURUAN - Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) secara resmi membuka Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Perpustakaan Bagi Guru Sekolah Dasar di lingkungan pemerintah Kota Pasuruan.

Bertempat di Harris Hotel & Conventions Malang, mulai Senin (22/5/2023) lalu, ada 30 guru SD yang berkomitmen untuk mengikuti pendidikan ini secara tuntas lewat pakta integritas yang dibacanya. Pelatihan ini dilaksanakan mulai 22 Mei 2023 hingga 3 Juni 2023 mendatang.

Supriyanto, Kepala BKD Kota Pasuruan memaparkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan minat baca peserta didik dan tenaga kependidikan. Dalam sambutannya, Gus Ipul berharap dalam pengelolaan perpustakaan harus disertai dengan inovasi.

"Penting untuk melakukan inovasi dalam melayani siswa SD agar minat baca mereka meningkat, agar anak-anak ini berminat datang ke perpustakaan," tutur Gus Ipul.

Lanjutnya, tenaga pendidik diharapkan mampu menjadikan perpustakaan tempat yang nyaman bagi peserta didiknya di tengah modernisasi.

"Tantangannya sekarang ini adalah menghadirkan kenyamanan di dalam perpustakaan. Maka tugas guru adalah memancing dan memotivasi anak-anak agar betah di perpustakaan", jelasnya.

Gus Ipul menekankan bahwa kualitas tenaga pendidik adalah kunci utama untuk menarik minat siswa masuk perpustakaan. "SDM guru juga harus mumpuni, di samping sarana dan prasarananya. Pengelola yang profesional akan meningkatkan pelayanan perpustakaan sehingga dapat menarik minat pembaca," tutupnya.

Tampak turut hadir dalam pelatihan itu, Perwakilan BPSDM Jawa Timur, Kepala Dinas P&K, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kepala BPKA Kota Pasuruan, serta undangan lainnya. *****

Sumber: Surya
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved