Berita Kediri

Potret Keindahan Wisata Bendung Gerak Waru Turi, Warga Kediri dan Nganjuk Ikut Lomba Foto

Puluhan warga Kabupaten Kediri dan Kabupaten Nganjuk turut meramaikan lomba foto yang digelar Sahabat Wisata dan Bendung Gerak Waru Turi.

Penulis: Luthfi Husnika | Editor: Titis Jati Permata
tribun jatim/luthfi husnika
Puluhan warga Kabupaten Kediri dan Kabupaten Nganjuk turut meramaikan lomba foto yang digelar oleh Sahabat Wisata dan Bendung Gerak Waru Turi. 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Puluhan warga Kabupaten Kediri dan Kabupaten Nganjuk turut meramaikan lomba foto yang digelar Sahabat Wisata dan Bendung Gerak Waru Turi.

Mereka yang datang dari berbagai latar belakang pekerjaan berlomba-lomba menampilkan foto terbaiknya di kawasan wisata tersebut.

Dari banyak peserta yang ikut, terpilihlah tiga orang yang menyandang predikat Juara 1, 2 dan 3. Mereka kemudian mengikuti penyerahan hadiah di Kawasan Wisata Bendung Gerak Waru Turi, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri.

"Kami sangat mengapresiasi semua peserta yang bergabung. Hasil foto yang kami terima, bagus-bagus dan diabadikan dalam berbagai angle. Mereka mampu membingkai tempat wisata air Bendung Gerak Waru Turi sebagai Ikon, dalam berbagai foto yang dihasilkan," kata Manajer Unit Bisnis Perum Jasa Tirta 1, Bayu Pramadya Kurniawan Sakti, Senin (5/9/2022).

Bayu menuturkan, dari berbagai foto yang didaftarkan dalam lomba, ada tiga foto yang dinilai paling cocok mendapatkan gelar juara. Ketiganya menceritakan unsur Bendung Gerak Waru Turi sebagai Ikon.

"Ada pula foto dengan sisi human interest, jadi bukan sekadar pemandangan saja, melainkan ada interaksi manusia sehingga cukup melihat foto saja kita tahu gambar ini bisa bercerita," ujarnya.

Bayu menambahkan, pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Komunitas Sahabat Wisata, yang berkenan menjadi mitra dalam menyelenggarakan event Lomba Foto tersebut.

"Kami dari Perum Jasa Tirta 1, menghaturkan terima kasih terhadap Sahabat Wisata. Karena semangat mereka yang peduli dengan alam dan kawasan wisata, kami yakin sektor pariwisata bisa makin berkembang dan diviralkan ke publik," paparnya.

Ia pun optimistis, dengan terjalinnya sinergitas tersebut maka dampak ekonominya semakin luar biasa terhadap masyarakat.

Khususnya, kepada sekitar 105 warga yang menggantungkan hidup mereka di Bendung Gerak Waru Turi.

"Ratusan orang ini tak hanya pegawai Perum Jasa Tirta 1, melainkan juga kalangan PKL yang membuka lapak atau warung makanan di sekitar Bendung Gerak Waru Turi. Misalnya penjual iwak kali yang menjual ikan dalam kondisi segar, lalu pemilik warung makanan ikan penyetan, atau ikan bakar, serta pedagang lainnya," jelas Bayu.

Sementara itu, Ketua Sahabat Wisata, Yacob Bastian berharap, kegiatan Lomba Foto semacam itu hendaknya bisa ditindaklanjuti pada event lain.

Apalagi melalui agenda serupa bisa menarik minat masyarakat Kediri dan sekitarnya untuk berwisata di Bendung Gerak Waru Turi, Kediri.

"Hal positif lainnya, keberadaan event yang diwujudkan hasil kolaborasi ini mampu menampung kreativitas dan meningkatkan daya saing masyarakat. Bahkan termasuk mereka yang memiliki hobi fotografi, ataupun sejumlah kalangan yang ingin memperoleh penghasilan tambahan dengan ikut lomba," katanya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved