Grahadi

Pemprov Jatim

Gubernur Khofifah Ziarah ke Makam Pahlawan Imam Bonjol, Ajak Kuatkan Nasiolisme

Di sela kunjungan kerja ke Sulawesi Utara, Gubernur Khofifah bersama sejumlah kepala OPD dan BUMD Jatim ziarah ke makam Tuanku Imam Bonjol

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
Istimewa/Pemprov Jatim
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama sejumlah kepala OPD dan BUMD Jatim ziarah ke makam pahlawan nasional Tuanku Imam Bonjol di Lotta dan Kiai Muslim Muhammad Halifah (Kiai Modjo) di Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara, Kamis (25/8/2022). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama sejumlah kepala OPD dan BUMD Jatim ziarah ke makam Pahlawan Nasional Tuanku Imam Bonjol di Lotta dan Kiai Muslim Muhammad Halifah (Kiai Modjo) di Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara, Kamis (25/8/2022).

Ziarah ini khusus dilakukan di sela kunjungan kerja Gubernur Khofifah dalam rangka Misi Dagang Jatim dengan Sulawesi Utara.

Tak hanya itu, ziarah ke makam pahlawan nasional juga sekaligus dilakukan untuk menguatkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air.

Sebagaimana diketahui, Tuanku Imam Bonjol merupakan pahlawan nasional yang berasal dari Sumatera Barat.

Tuanku Imam Bonjol di zaman kolonial Belanda diasingkan di Lotta, Minahasa, saat memperjuangkan Kemerdekaan bangsa dan tanah air.

“Kami sengaja menyempatkan diri ziarah ke makam pahlawan nasional. Kemarin kami baru saja merayakan HUT RI yang ke-77. Tentu dengan ziarah ini kita berharap bisa memaknai perjuangan para pahlawan nasional dalam meraih kemerdekaan,” tutur Gubernur Khofifah.

Sama halnya dengan Tuanku Imam Bonjol, Kiai Modjo merupakan sosok Panglima Perang Pangeran Diponegoro yang sebelumnya diasingkan di Tondano, Minahasa, di zaman kolonial yang kemudian dipindahkan di Makasar.

Kiai Modjo datang bersama 63 orang pengikutnya yang kemudian mereka bercocok tanam dan menjadi pengrajin, mulai kayu hingga penjahit.

Tidak sampai di situ, ke 63 pengikutnya pun kemudian memperistri warga sekitar aliran Sungai Tondano.

Setahun usai kedatangan Kiai Modjo dan pengikutnya, istri Kyai Mojo didatangkan dari Jawa.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved