Berita Gresik

Salurkan 1.110 Bibit Buah di Gresik, Wujud Kepedulian Petrokimia Gresik untuk Lestarikan Lingkungan

bantuan bibit pohon buah-buahan ini merupakan aksi nyata Petrokimia Gresik dalam merespons program kota yang nyaman

Penulis: Sugiyono | Editor: Deddy Humana
surya/mochammad Sugiyono
Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo (batik kuning) menyerahkan hadiah kepada Desa/Lurah yang juara dalam lomba ‘Petrokimia Gresik Lestari Bumi’, Jumat (5/8/2022). 

SURYA.CO.ID, GRESIK – Kepedulian Petrokimia Gresik terhadap lingkungan ditunjukkan melalui bantuan 1.110 bibit pohon buah-buahan dan menggelar lomba kebersihan lingkungan dengan tema ‘Petrokimia Gresik Lestari Bumi’, Jumat (5/8/2022). Bibit pohon buah-buahan tersebut akan ditanam di taman hutan kota dan disalurkan ke beberapa desa.

Secara simbolis bantuan diserahkan oleh VP Corporate Social Responsibility (CSR) Petrokimia Gresik, Muhammad Ihwan bersama VP Lingkungan Petrokimia Gresik, Liliek Harmianto kepada Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gresik, Ketut Pratikno.

Terpisah, Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo mengatakan, dalam upaya pengelolaan lingkungan di Gresik, pihaknya berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Pemkab Gresik, agar program-programnya selaras dengan kebijakan pemda.

“Salah satunya, penyaluran bantuan bibit pohon buah-buahan ini merupakan aksi nyata Petrokimia Gresik dalam merespons program pemda guna menciptakan kota yang nyaman, sehat dan aman dari resiko bencana,” kata Dwi Satriyo.

Adapun ribuan bibit pohon yang diserahkan terdiri dari bibit hujan mas sebanyak 200 pohon, pucuk merah 50 pohon, bibit dolar 10 pohon, andang merah 200 pohon, lamtana 400 pohon, klengkeng 50 pohon, jambu kristal 100 pohon dan alpukat 100 pohon.

Selain melalui bantuan bibit buah-buahan, Petrokimia Gresik juga aktif melakukan penghijauan di Gresik melalui program restorasi lahan mangrove di Pulau Mengare Kecamatan Bungah, Kali Lamong, hingga muara Sungai Bengawan Solo di Kecamatan Ujung Pangkah.

“Dalam waktu dekat Petrokimia Gresik akan menanam mangrove sebagai bagian dari peringatan momen golden anniversary perusahaan. Ini bukti Petrokimia Gresik perusahaan yang menjaga berkelanjutan,” katanya.

Bahkan saat merayakan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Petrokimia Gresik juga menggelar lomba kebersihan lingkungan dengan tema ‘Petrokimia Gresik Lestari Bumi’. Pesertanya dari Desa/Kelurahan sekitar perusahaan.

Terpisah, Plt Kepala DLH Kabupaten Gresik, Ketut Pratikno, mengatakan, bantuan bibit pohon dari Petrokimia Gresik akan dikembangkan untuk pembibitan. Agar menghasilkan bibit yang lebih banyak. Selanjutnya, ditanam hutan taman kota. Sedangkan untuk bibit tanaman buah, akan langsung ditanam di hutan kota.

“Kita memiliki banyak lahan yang perlu ditanami. Belum lagi banyak permintaan bantuan bibit dari desa-desa, khususnya yang tengah mengembangkan wisata desa. Semoga, bantuan dari Petrokimia Gresik ini dapat menginpirasi perusahaan lain,” ujar Ketut. *****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved