Breaking News:

Gunung Semeru Meletus

Anggota Ditsamapta Polda Jatim Bantu Evakuasi Warga Terdampak Gunung Semeru Meletus di Lumajang

Anggota Ditsamapta Polda Jatim dikerahkan untuk membantu mengevakuasi warga korban Gunung Semeru meletus, di Desa Curah Koboan, Candipura, Lumajang.

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: irwan sy
Polda Jatim
Anggota Ditsamapta Polda Jatim dikerahkan untuk membantu mengevakuasi warga korban Gunung Semeru meletus, di Desa Curah Koboan, Candipura, Lumajang, Senin (6/12/2021). 

SURYA.co.id, SURABAYA - Sejumlah 100 orang dalam sebuah Satuan Setingkat Kompi (SSK) Ditsamapta Polda Jatim dikerahkan untuk membantu mengevakuasi warga korban Erupsi Gunung Semeru, di Desa Curah Koboan, Candipura, Lumajang, Senin (6/12/2021).

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan, petugas juga berusaha membantu warga yang berusaha mengamankan harta bendanya untuk dibawa ke pengungsian.

Kemudian, selama melakukan patroli penyisiran, petugas mengendarai kendaraan motor trail untuk mengakses kawasan bermedan sulit.

"Polda Jatim mengerahkan 1 SSK anggota Ditsamapta Polda Jatim beserta kendaraan R-2 trail menyisir lokasi bencana dan membantu Korban bencana mengangkut barang korban," katanya pada TribunJatim.com (grup SURYA.co.id), Senin (6/12/2021).

Sebelumnya, 945 orang personel dari Pelopor Korbrimob dan Satbrimob Polda jajaran, telah dikerahkan dalam operasi Kemanusiaan Aman Nusa II penanggulangan bencana alam erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

Selain itu, Polri juga mengerahkan enam ekor anjing K-9 untuk membantu tim pencarian gabungan dalam upayanya melakukan operasi penyelamatan di sejumlah lokasi bencana alam.

Semua elemen kekuatan Polri yang dikerahkan itu, merupakan bagian dari instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo 

Dalam surat perintah (Sprin) nomor: Sprin/XII/OPS.2./2021 yang diterbitkan langsung dalam operasi kemanusiaan Aman Nusa II tersebut.

Tidak hanya pengerahan sumber daya manusia (SDM) semata. Polri juga telah mengerahkan peralatan dan kendaraan terkait bencana alam erupsi tersebut, di antaranya, mobil SAR, mobil dapur lapangan, mobil reapiter, mobil water treatment, ambulance. 

Selanjutnya, satu Helikopter juga telah dikirimkan dan siap dioperasi di lokasi bencana. 

Sementara itu, tim Pusdokkes Polri juga telah menyiapkan Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Lumajang sebagai posko korban erupsi Gunung Semeru. 

Bahkan, RS Bhayangkara di Batu, Kediri dan Bondowoso juga mengirimkan mobil ambulance. 

Tak hanya itu, Pusdokkes Mabes Polri juga membackup dengan menerjunkan tujuh personel Ahli DVI dan spesialis bedah plastik ke lokasi bencana alam.

Biddokes Polda Jatim juga sudah menyiapkan empat posko DVI di RS Bhayangkara Lumajang, RSUD Haryoto, Penanggal Candipuro dan Pronojiwo. 

"Kepada warga jangan sungkan meminta bantuan kepada kepolisian. Saya pastikan, Polri hadir untuk membantu dan meringankan beban dari masyarakat. Bila ada kekurangan kita akan kirimkan dan back up dari Mabes dan Polda lainnya," pungkas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved