Breaking News:

Tips sehat

Tips Sehat, Begini Cara Olahraga yang Tepat untuk Redakan Gejala Long Covid

Banyak penyintas COVID-19 yang masih merasakan kelelahan yang dikenal sebagai long covid.

Editor: Suyanto
SURYA.CO.ID/Bobby Constantine Koloway
ILUSTRASI - Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi senam bersama warga positif Covid-19 yang dirawat di Hotel Asrama Haji, Sabtu (7/8/2021). 

SURYA.co.id I JAKARTA - Banyak penyintas COVID-19 yang masih merasakan kelelahan yang dikenal sebagai long covid.

Untuk mempercepat hilangnya derita, pola makan menjadi penting diperhatikan. Selain itu perlu olahraga. Tapi ingat jangan asal olahraga. Perhatikan jenis dann durasinya.

Berikut cara olahraga bagi penyintas COVID-19 yang disarankan Halodoc seperti dalam artikel: "Inilah Porsi Tepat Olahraga Bagi Penyintas COVID-19"

Marie Schaefer, MD, dokter spesialis kedokteran olahraga mengatakan, seseorang yang menyukai olahraga harus kembali melakukan olahraga secara perlahan setelah terpapar COVID-19.

Biasanya, kecepatan waktu untuk kembali berolahraga ditentukan dari gejala yang dialami penyintas saat mengalami COVID-19.

Pengidap COVID-19 wajib melakukan isolasi mandiri minimal 10 hari. Jika tanpa gejala, penyintas boleh melakukan olahraga ringan setelah isolasi mandiri.

Jika dengan gejala ringan, penyintas boleh kembali olahraga setelah gejala menghilang secara menyeluruh. Sedangkan, gejala sedang hingga parah, penyintas harus mendapat persetujuan dari tenaga medis untuk kembali melakukan olahraga.

Penyintas COVID-19 diharapkan untuk kembali berolahraga secara bertahap. Sebaiknya hindari melakukan olahraga yang terlalu berat hingga kondisi kesehatan benar-benar optimal.

Jenis Olahraga bagi Penyintas COVID-19

Sharlyn Tuohy, PT, direktur senior di Acute Care Rehabilitation di Hospital for Special Surgery, New York, merekomendasikan beberapa gerakan sederhana yang bisa dilakukan oleh penyintas COVID-19 di rumah.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved