Breaking News:

TIPS SEHAT MASA PANDEMI

TIPS SEHAT, Terapi Cuci Hidung Penting Dilakukan di Masa Pandemi, Begini Cara Melakukannya

Banyak hal kecil dan mudah dilakukan, tapi punya manfaat kesehatan besar, utamanya di masa pandemi covid-19 sekarang ini.

Editor: Suyanto
kompas.com
Mencuci hidung punya manfaat besar bagi kesehatan, terutama di masa pandemi covid-19 

SURYA.co.id I Banyak hal kecil dan mudah dilakukan, tapi punya manfaat kesehatan besar, utamanya di masa pandemi covid-19 sekarang ini.

Satu diantaranya adalah membersihkan dan mencuci lubang hidung. Ini karena hidung menjadi salah satu jalan masuk virus corona ke dalam tubuh.

Berikut ulasan dan cara membersihkan lubang hidung yang baik, seperti dalam artikel "Mencuci Hidung Bisa Cegah COVID-19, Benarkah?" yang telah dipublikasikan pada laman Halodoc.com. Artikel tersebut telah ditinjau dr. Fadhli Rizal Makarim.

Apa yang Dimaksud dengan Mencuci Hidung?

Mencuci hidung atau disebut irigasi hidung adalah cara membersihkan hidung yang biasanya dilakukan dengan menggunakan air garam. Beberapa orang menggunakan alat yang disebut neti pot untuk membantu mengalirkan air garam ke rongga hidung, tapi kamu juga bisa menggunakan botol yang bisa dipencet.

Mencuci hidung merupakan terapi yang sudah lama digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit hidung, seperti sinusitis, rhinitis, dan infeksi saluran pernapasan atas. Selain itu, cara ini juga dinilai efektif untuk mengatasi hidung tersumbat dan alergi.

Hal ini karena air garam yang dialirkan ke saluran hidung bisa membersihkan alergen, lendir, dan kotoran lainnya dan membantu melembabkan selaput lendir. Hasilnya, hidung pun menjadi lebih lega dan segar.

Bila digunakan dengan benar, irigasi hidung dinilai aman sebagai pengobatan penyakit hidung dan bisa dilakukan oleh siapa saja di rumah.

Manfaat Cuci Hidung Bagi Pengidap COVID-19

Selama masa pandemi ini, mencuci hidung dikatakan bisa digunakan untuk melawan virus corona.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved