Breaking News:

Berita Tuban

Rektor Unirow Ajak Mahasiswa Bantu Pencegahan Penyebaran Covid-19 Pada Momen KKN

Tak sekadar berkegiatan di desa, mahasiswa juga diminta memberikan kontribusi nyata di tengah pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Penulis: M. Sudarsono | Editor: Titis Jati Permata
Screenshot Zoom Meeting Unirow
Zoom meeting pelepasan KKN mahasiswa Unirow Tuban, Kamis (22/7/2021) 

SURYA.CO.ID, TUBAN - Mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mulai 22 Juli-22 Agustus 2021.

KKN selama satu bulan itu diikuti 405 mahasiswa, yang disebar di tiga Kabupaten yaitu Tuban, Lamongan dan Rembang, Jawa Tengah.

Tak sekadar berkegiatan di desa, mahasiswa juga diminta memberikan kontribusi nyata di tengah pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Rektor Unirow Tuban, Prof. Dr. Supiana Dian Nurtjahyani, M.Kes mengatakan, KKN ini memiliki tiga tugas utama dalam bersinergi dengan Pemerintah Daerah.

Pertama membantu pencegahan penyebaran Covid-19, kedua menggali potensi lokal daerah dan ketiga menggali potensi desa.

"Ini menjadi penting agar saat KKN mahasiswa juga bisa membantu pencegahan penyebaran virus corona, terlebih saat ini masih pandemi covid-19," ujarnya saat zoom meeting pelepasan KKN, Kamis (22/7/2021).

Prof Dian sapaan akrabnya juga menjelaskan, bahwa KKN menjadi program utama dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dengan tujuan utama menghasilkan lulusan dan kompetensi yang mengikuti zaman.

Sebagaimana tema KKN tahun ini adalah "Pemberdayaan Masyarakat Desa Menuju Kampung Tangguh di Era Merdeka Belajar Kampus Merdeka".

Tema ini diambil atas dasar perhatian Unirow terhadap kondisi kekinian yang ada di sekitar kita.

Baca juga: Narapidana dan Pegawai Lapas Narkotika Pamekasan Jalani Tes Urine Dadakan, Ini Hasilnya

"Adanya KKN ini dapat membantu tugas- tugas pemerintah dalam melakukan penanggulangan pandemi covid-19, serta memberikan semacam blue print terhadap pengembangan potensi ekonomi lokal yang ada kepada pemerintah," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, mengapresiasi mahasiswa Unirow yang semangat membantu masyarakat dalam penanggulangan Covid-19.

Selain itu adanya tiga tugas utama yang disampaikan oleh Rektor Unirow Tuban, menjadi salah satu bentuk sinergi Pemerintah Kabupaten dan Universitas.

Bupati juga berharap, mahasiswa yang di tempatkan di beberapa desa bisa memberikan edukasi sedetail-detailnya, dapat mengkomunikasikan secara baik kepada masyarakat dalam menyelesaikan pandemi covid-19.

"Tema KKN luar biasa, salah satunya menggali potensi desa yang sesuai dengan program Pemkab yaitu satu desa satu unggulan," ungkap Bupati.

BACA BERITA TUBAN LAINNYA

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved