Breaking News:

TIPS SEHAT

TIPS SEHAT, Ini Khasiat Semangka untuk Para Pria, Bikin Tambah Greng, Juga Cocok untuk Olahragawan

Buah semangka sangat populer di Indonesia. Di toko buah maupun lapak-lapak pedagang di pasar, buah kaya air ini hampir selalu ada stoknya.

Penulis: Suyanto | Editor: Suyanto
ilustrasi
SEMANGKA. Ini khasiat semangka untuk para pria. 

SURYA.co.id I Buah semangka sangat populer di Indonesia. Di toko buah maupun lapak-lapak pedagang di pasar, buah kaya air ini hampir selalu ada stoknya, apalagi kalau lagi panen raya.

Semangka sangat kaya air. Mampu memberikan kesegaran di tengah cuaca panas. Punya manfaan besar dengan kandungannya, yang tinggi asam amino, likopen, magnesium dan kalium, sehingga manfaat besar.

Khusus pria, buah ini memiliki khasiat tambahan. Dikutip dari laman Halosehat.com lewat artikel "Ini 3 Manfaat Semangka untuk Kaum Adam," berikut manfaatnya semangka bagi pria:

1. Menjaga Kesehatan Prostat

Sebuah review pada Juni 2014 yang dipublikasikan di EXCLI Journal, semangka adalah buah yang benar-benar kaya kandungan likopen sehingga mampu mendukung kesehatan prostat.

Stres oksidatif sangat bisa memengaruhi kelenjar prostat dalam fungsinya, maka antioksidan dari buah semangka akan menurunkan risiko stres oksidatif tersebut.

Bahkan pada sebuah studi dengan keterlibatan sejumlah pria sebagai partisipan yang mengonsumsi semangka, terbukti kalau likopen dalam buah semangka mampu menurunkan risiko kanker prostat sampai 25 persen. Tak hanya kanker prostat, risiko kanker lainnya pun dapat diturunkan dengan mengonsumsi semangka.

Baca juga: TIPS SEHAT: Awa Konsumsi Vitamin D Berlebih, Teryata Buruk untuk COVID-19, Ini Kadar yang Benar

2. Cocok untuk Olahragawan

Bagi yang gemar berolahraga atau latihan fisik, mengonsumsi semangka yang rendah kalori tapi kaya vitamin C siap menjaga tubuh tetap memiliki daya tahan yang kuat. Bahkan karena kandungan airnya yang tinggi, selama latihan tubuh akan terhindar dari dehidrasi dan selalu tetap bertenaga.

Bukan hanya itu, mineral kalsium, kalium, dan juga magnesium pada semangka cukup tinggi sehingga akan selalu menyeimbangkan kadar elektrolit tubuh, menjaga kesehatan sistem kardiovaskular atau jantung, sekaligus mendukung fungsi otak, otot dan saraf dengan baik. Sementara itu, asam aminonya akan membantu perbaikan dan perkembangan otot secara alami.

Jadi jika sedang bingung makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi tiap usai olahraga selain protein shake, buah semangka boleh dijadikan alternatif walaupun bukan pengganti yang tepat.

Mengonsumsi semangka setelah olahraga juga dapat meminimalisir risiko kram otot. Bahkan dengan mineralnya yang tinggi, justru semangka akan menjaga kekuatan tulang kita.

Baca juga: TIPS SEHAT Lewat Minum Kopi, Peneliti Inggris Sebut Bisa Cegah Penyakit Liver, Perhatikan Takarannya

3. Meningkatkan Kehidupan Seksual

Untuk kehidupan seksual yang lebih baik,semangka dengan kandungan likopennya, arginin, serta citrulline yang tinggidapat menjadi penolong.

Para pria dengan kadar arginin dan/atau citrullinerendah di dalam tubuhnya lebih rentan mengalami disfungsi ereksi. Telahdibuktikan pula melalui sebuah studi pada Februari 2017 dalam jurnal Andrologybahwa komponen L-citrulline di dalam semangka memang dapat berpengaruh padakesehatan seksualnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved