Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Kasus Covid-19 Varian Delta India di Jatim Bertambah Lagi, Total Jadi 19 Orang, Semua dari Bangkalan

Terbaru, ada tambahan 11 kasus pasien Covid-19 di Jawa Timur yang terkonfirmasi merupakan varian delta B16172 asal India.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Sugiharto
Ketua Tim Kuratif Satgas Covid-19 Jawa Timur, Joni Wahyuhadi. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Temuan kasus Covid-19 varian delta asal India di Jawa Timur terus bertambah. Terbaru, ada tambahan 11 kasus pasien Covid-19 yang terkonfirmasi merupakan varian delta B16172 asal India.

Hal itu sebagaimana disampaikan Ketua Tim Kuratif Satgas Covid-19 Jawa Timur, Joni Wahyuhadi, Senin (21/6/2021).

Ia mengatakan, temuan baru dari hasil genome sequencing ITD Unair menghasilkan 11 sampel yang dites terkonfirmasi varian delta.

Dengan begitu, sampai sore ini, ada total sebanyak 19 kasus Covid-19 varian delta yang telah ditemukan di Jatim dari klaster Bangkalan.

"Untuk temuan varian Delta, hari ini total ada 19, jadi tambah 11 kasus baru. Sebelumnya 8, sekarang jadi 19 kasus varian Delta," kata Joni.

Dengan adanya tambahan ini, Joni menegaskan kembali tentang bahaya varian Delta yang memiliki kecenderungan lebih cepat menular dengan kelipatan lebih banyak, dan lebih cepat memperburuk kondisi pasien yang terpapar.

Terlebih, kasus varian delta di Bangkalan ini sudah merupakan transmisi lokal. Sehingga penularan di lingkungan bisa jadi sudah lebuh banyak. Oleh sebab itu hal ini harus segera diantisipasi dan diwaspadai. Salah satu caranya dengan memperketat protokol kesehatan dan memperketat PPKM.

"Sampelnya dari penyekatan. Kami periksakan di ITD dan positif virus Corona varian India," tandas Joni.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved