Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Buka SOTH di Pasuruan, Arumi Harap Bisa Diduplikasi Daerah Lain di Jawa Timur

Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) merupakan pilot project BKKBN yang didukung sepenuhnya oleh PKK Jawa Timur.

Humas Pemprov Jatim
Ketua TP PKK Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak membuka pelaksanaan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) di Kabupaten Pasuruan, Jumat (4/6/2021). 

SURYA.CO.ID, PASURUAN - Ketua TP PKK Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak membuka pelaksanaan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) di Kabupaten Pasuruan.

SOTH ini merupakan pilot project Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang didukung sepenuhnya oleh PKK Jawa Timur.

Melihat bagusnya program tersebut, Arumi pun berharap agar program SOTH dapat diduplikasi kabupaten/kota lain di Jawa Timur.

"Harapan saya bisa di copy paste di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur," kata Arumi usai membuka SOTH di Pendopo Nyaweji Ngesti Wenganing Gusti, Kabupaten Pasuruan, Jumat (4/6/2021) pagi.

Arumi menjelaskan, saat ini pelaksanaan SOTH di Kab. Pasuruan sementara hanya dilaksanakan di 2 kecamatan. Yaitu di Kecamatan Rejoso dan Kecamatan Pandaan.

SOTH sendiri merupakan kurikulum Bina Keluarga Balita (BKB) yang dikemas dalam format klasikal dengan beberapa penyesuaian dan penyempurnaan. Pelaksanaannya dilaksanakan setiap akhir pekan selama 13 Minggu.

"Sistemnya Bina Keluarga Balita itu kan biasanya hanya diskusi saja, kurikulum yang sudah bagus itu kita sampaikan dalam bentuk kelas-kelas," jelasnya.

"Jangan khawatir, karena memang waktunya sangat disesuaikan, jam kelasnya tidak panjang dan juga kalau nggak salah di akhir minggu seminggu 1 kali," imbuhnya.

Lebih lanjut Arumi menjelaskan, SOTH memerlukan waktu sampai 13 Minggu. Materi yang diberikan meliputi aspek dan permasalahan parenting atau pola asuh anak.

"Supaya lebih masuk karena yang dalam BKB itu biasanya hanya diskusi, sistemnya hanya pendekatan tetapi jarang yang bisa dicerna 100 persen," lanjutnya.

Halaman
12
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved