Breaking News:

Berita Ponorogo

Biaya Pemakaman Rp 5 Juta di Makam Bibis Kepatihan Dikembalikan, Ini Kata Sekda Ponorogo

Bisa saja biaya pemakaman Rp 5 juta tersebut masuk kategori pungli atau pungutan liar.

tribun jatim/sofyan arif candra
Makam Bibis di Kelurahan Kepatihan, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo 

SURYA.CO.ID, PONOROGO - Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kelurahan Kepatihan, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo telah mengembalikan biaya pemakaman sebesar Rp 5 juta ke keluarga almarhumah Sulamah.

Sulamah merupakan warga Kelurahan Surodikraman yang dimakamkan di Kelurahan Kepatihan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Ponorogo, Agus Pramono mengatakan pihaknya telah memanggil Camat Ponorogo dan Lurah Kepatihan terkait viralnya biaya pemakaman di Makam Bibis yang mencapai Rp 5 juta.

"Prinsipnya apa yang dilakukan itu tidak benar dan saya minta untuk dikembalikan langsung ke yang berduka, apalagi ini orang yang meninggal jika dibebani seperti itu agak kurang pas," kata Agus, Kamis (15/4/2021).

Selain itu payung hukum aturan tersebut juga tidak ada, sehingga bisa saja biaya pemakaman tersebut masuk kategori pungli atau pungutan liar.

"Kalaupun itu kesepakatan warga, saya rasa tidak boleh seperti itu, karena sangat membebani, tidak ada dasar hukumnya dan secara legalitas tidak dibenarkan," lanjutnya.

Baca juga: Pertama di Jawa Timur, ITTelkom Surabaya Buka Program Studi Bisnis Digital

Baca juga: Mudik Lebaran Dilarang, Pengusaha Kuliner di Kabupaten Trenggalek Pesimistis Omzet Bisa Naik

Baca juga: Pak Kades di Tulungagung Malam-malam Ada di Rumah Warga Perempuan, Saat Digerebek Ngaku Ini

Baca juga: Sekolah Tatap Muka di Kota Malang Mulai 19 April 2021, Seperti Ini Persiapannya

Untuk mengatasi adanya krisis lahan pemakaman, Agus bersama pejabat terkait akan merumuskan formula yang pas agar kasus serupa tak terulang.

"Termasuk kalau ada warga dari luar suatu kelurahan tapi minta dimakamkan di kelurahan itu, nanti akan kita carikan solusinya," kata Agus.

Sebelumnya diberitakan warga Ponorogo digegerkan dengan postingan di media sosial yang menyebutkan biaya pemakaman di Kelurahan Kepatihan, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo seharga Rp 5 juta.

Dalam unggahan 'Daga Squezeed Orange' di grup 'Ponorogo Community Asli' juga disebutkan sebelumnya biaya pemakaman hanya Rp 500 ribu, namun sekarang naik menjadi Rp 5 juta.

Halaman
123
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved