Breaking News:
Grahadi

Gempa di Jawa Timur

Gempa 6,7 SR Guncang Jawa Timur, Gubernur Khofifah Kerahkan Tim untuk Lakukan Tanggap Bencana

Gubernur Khofifah menyampaikan keprihatinannya atas gempa yang terjadi siang hari ini, karena menyebabkan banyak kerusakan bangunan dan korban jiwa

SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Gempa bumi mengguncang sejumlah kawasan di Jawa Timur pada Sabtu (10/4/2021), pukul 14:00:15 WIB.

Berdasarkan informasi resmi BMKG, gempa berkekuatan 6,7 SR (Skala Richter) tersebut berpusat di 90 km barat daya Kabupaten Malang dengan kedalaman 25 km.

Atas terjadinya bencana ini, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan keprihatinannya. Sebab gempa yang terjadi siang hari ini, karena menyebabkan banyak kerusakan bangunan dan juga jatuhnya korban jiwa.

“Saat terjadi gempa saya sedang ada di Islamic Center Surabaya. Satu gedung merasakan memang ada getaran. Ternyata episentrumnya di barat daya Kabupaten Malang, jaraknya ratusan kilometer tapi cukup terasa dari saya berada,” kata Khofifah.

Lebih lanjut, begitu gempa terjadi pihaknya langsung berkoordinasi dengan BPBD Jatim, Bupati Malang, Bupati Lumajang dan Bupati Blitar. Pasalnya tiga daerah itu yang mengalami dampak gempa cukup parah.

"Sampai petang ini, laporan yang sampai ke kami, ada satu orang dilaporkan meninggal dunia. Satu orang meninggal tersebut dari Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, kerena tertimpa longsoran saat gempa terjadi. Dan ada satu orang lagi yang dilarikan ke rumah sakit," kata Khofifah, Sabtu (10/4/2021).

Lebih lanjut, Gubernur Khofifah mengatakan, bahwa ada beberapa kabupaten kota yang terdampak kuat dari gempa yang terjadi. Yang paling parah ada di Kabupaten Malang, tepatnya di Kecamatan Jabung.

Dari data yang telah dihimpun oleh BPBD Jawa Timur, ada banyak rumah rusak di Kabupaten Malang.

Detailnya, ada 4 rumah rusak di Desa Kemiri, 1 rumah rusak berat di desa Sidorejo, 15 rumah rusak ringan dan 2 rumah rusak ringan di Desa Gunung Jati, 3 rumah rusak du Desa Agrosari, 3 rumah rusak di Desa Kemantren, 2 rumah rusak di Desa Gadingkembar, dan 1 rumah rusak di Desa Sidomulyo.

Selain itu, dua rumah sakit di Jatim juga dilaporkan mengalami kerusakan. Seperti Rumah Sakit Kepanjen Malang dan RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved