Gaji Listyo Sigit Usai Jadi Kapolri Baru, Bandingkan Saat Masih Menjabat Kabareskrim

Gaji Listyo Sigit Usai Jadi Kapolri Baru dilantik oleh Presiden Jokowi hari ini, bandingkan dengan gaji saat masih menjabat sebagai Kabareskrim.

Penulis: Abdullah Faqih | Editor: Iksan Fauzi
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Komjen Listyo Sigit Prabowo usai dilantik menjadi Kapolri. Berapa Gajinya kini? Bandingkan dengan saat menjabat sebagai Kabareskrim 

Penulis: Abdullah Faqih | Editor: Iksan Fauzi

SURYA.co.id, - Gaji Listyo Sigit Usai Jadi Kapolri Baru dilantik oleh Presiden Jokowi hari ini, bandingkan dengan gaji saat masih menjabat sebagai Kabareskrim.

Diketahui, Listyo Sigit Prabowo telah dilantik sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia yang baru.

Sebelumnya, Listyo Sigit Prabowo diketahui menjabat sebagai Kabareskrim (Kepala Badan Reserse Kriminal Polri).

Diangkat dari Kabareskrim menjadi Kapolri, berapa perbandingan gaji yang diterima oleh Listyo Sigit Prabowo?

Komjen Listyo Sigit Prabowo (kanan) dan Jenderal Idham Azis (kiri). Listyo Sigit Jadi Kapolri Gantikan Idham Azis, Daftar Kekayaan Mereka ada di artikel ini
Komjen Listyo Sigit Prabowo (kanan) dan Jenderal Idham Azis (kiri). Listyo Sigit Jadi Kapolri Gantikan Idham Azis, Daftar Kekayaan Mereka ada di artikel ini (tangkap layar Kompas TV)

Melansir artikel Tribunnews berjudul "Menjabat Kapolri, Berapa Gaji dan Tunjangan yang Diterima Listyo Sigit Prabowo?"

Listyo akan mendapat gaji pokok berkisar Rp 5.238.200 hingga Rp 5.930.800 setiap bulannya.

Hal ini berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Belas atas Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2001 tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia

Baca juga: Profil 3 Anak Komjen Pol Listyo Sigit, Kapolri yang Baru Dilantik Jokowi, Profesinya Bukan Main

Baca juga: Biodata Irjen Karyoto, Petinggi KPK Calon Kuat Kabareskrim Gantikan Komjen Listyo Sigit Prabowo

Selain gaji pokok, anggota kepolisian, termasuk Jenderal Polisi, juga menerima tunjangan melekat, yang terdiri dari tunjangan kinerja, tunjangan keluarga, tunjangan lauk pauk, hingga tunjangan jabatan.

Di antara tunjangan tersebut, terdapat tunjangan khusus yang diperuntukkan bagi anggota kepolisian yang bertugas di wilayah Papua dan perbatasan.

Diketahui, tunjangan kinerja menjadi tunjangan paling besar jumlahnya yang disesuaikan pangkat.

Berikut besaran tunjangan kinerja anggota kepolisian berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 103 Tahun 2018 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia:

Untuk Kapolri, tunjangan kinerja yang didapatkan adalah sebesar 150% dari tunjangan kinerja kelas jabatan 17, yakni sebesar Rp 43.627.500.

"Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia yang mengepalai dan memimpin Kepolisian Negara Republik Indonesia diberikan tunjangan kinerja sebesar 150% (seratus lima puluh persen) dari tunjangan kinerja kelas jabatan 17 (tujuh belas) di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia," bunyi Perpres RI Nomor 103 Tahun 2018 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia Pasal 6 ayat 1

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved