Breaking News:

Virus Corona di Sidoarjo

Masifkan Operasi Yustisi di Desa dan Kecamatan, Sidoarjo Targetkan Zona Kuning dalam Dua Minggu

Menurut Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono, operasi yustisi terbukti efeknya. Berdampak siginifikan pada penurunan jumlah pasien Covid-19 di Kota Delta.

surya.co.id/m taufik
Pj Bupati Sidoarjo di sela acara di Pendopo Sidoarjo, Selasa (13/10/2020). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Sidoarjo mematok target menjadi zona kuning penyebaran covid-19 dalam dua minggu ke depan. Untuk merealisasikan itu, operasi penerapan protokol kesehatan atau operasi yustisi di Sidoarjo lebih dioptimalkan lagi sampai tingkat kecamatan dan desa.

Menurut Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono, operasi yustisi sudah terbukti efeknya. Berdampak siginifikan pada penurunan jumlah pasien Covid-19 di Kota Delta.

“Dengan operasi yustisi yang semakin besar maka penyebaran covid-19 menurun. Kita cek ke lapangan ke rumah sakit memang menurun jumlah pasiennya. Setelah menurun, kita pilah-pilah lagi, kita sisir data pasien di semua rumah sakit," kata Hudiyono, Selasa (13/10/2020).

Ketika terjadi penurunan pasien, jumlah meninggalnya juga menurun. "Oleh karena itu kami sepakat dengan forkopimda dan dinas kesehatan dalam dua minggu Sidoarjo bisa kuning," tandasnya.

Operasi yustisi di tiap kecamatan dan desa lebih dimasifkan lagi, menurutnya, semata-mata untuk menuju zona kuning. Kalau sudah kuning masyarakat bisa tenang dan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pendekatan di Sidoarjo dilakukan seperti di Jawa Timur, seperti yang disampaikan presiden Joko Widodo, penanganan covid di Jawa Timur jadi percontohan.

“Karena percontohan, jadi kita seperti Jawa Timur, selain dengan pendekatan sains juga dengan pendekatan spiritual," lanjutnya.

Sampai saat ini, Sidoarjo termasuk daerah yang paling banyak melakukan penegakan disiplin protokol kesehatan di Jawa Timur. Selama operasi yustisi digelar telah mendisiplinkan 5.600 pelanggar protokol kesehatan, jumlah ini tertinggi se Jawa Timur.  

Hudiyono juga minta semua pejabatnya, termasuk Camat, lurah/kades dan RT/RW aktif turun ke bawah secara masif bergerak bersama mengajak warga untuk mematuhi protokol kesehatan.

Penulis: M Taufik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved