Breaking News:
Grahadi

Berita Tulungagung

Tulungagung Jadi Penyangga Pangan Jatim

Bupati Tulungagung Marwoto Birowo menjelaskan bahwa Tulungagung akan terus menjadi penyangga pangan di Jatim

SURYA/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Sekdaprov Heru Tjahjono, dan Bupati Tulungagung Maryoto Birowo di sela acara Gerakan Percepatan Tanam Padi pada musim kemarau guna mewujudkan ketahanan pangan, di Desa Bangunjaya, Kecamatan Pakel, Kabupaten Tulungagung, Minggu (7/6). 

SURYA.co.id - Bupati Tulungagung Marwoto Birowo menjelaskan bahwa Tulungagung akan terus menjadi penyangga pangan di Jatim. Saat ini di Tulungagung memasuki jadwal kemarau basah, dimana seluruh aktivitas di persawahan melakukan cocok tanam dan panen kedua, juga memanen jagung.

Ia berharap, dengan dimulainya percepatan musim tanam kedua ini, hasil yang didapatkan bisa lebih sukses dan mendapatkan hasil yang signifikan guna menunjang kebutuhan pangan nasional.

Ditemui di sela acara, Minggu (7/6), Kadis Pertanian Jatim Ir Hadi Sulistyo MSi mengatakan, Kabupaten Tulungagung memiliki sasaran luas tanam 45.850 hektare (ha) dalam Tahun 2020, ditargetkan pada bulan Juni dapat terpenuhi tanam seluas 3.390 ha.

Di lokasi tanam, tepatnya di Desa Bangunjaya, Kecamatan Pakel, Kabupaten Tulungagung, memiliki area seluas 160 ha dengan total area tanam seluruh Kecamatan Pakel seluas 973 ha. Saat ini, varietas yang digunakan adalah Inpari 42, Inpari 16, dan Logawa.

Pihaknya meyakini, jika semua bersinergi mulai dari pemerintah, petani dan stakeholder, maka pangan di Jatim akan tercukupi. “Saya meyakini dan memiliki semboyan ‘Jika Kita Bersama Pangan Tersedia’,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Tulungagung berkesempatan meninjau penggilingan beras di Kelompok Tani (Poktan) Rejeki Makmur dengan stok gabah sebanyak 20-23 ton dengan stok beras mencapai 6 ton. Rombongan juga berkesempatan melihat peralatan seperti dryer dan RMU.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved