Berita Tuban

BST Kemensos Cair, Warga Tuban Bisa Dapat Rp 600 Ribu dengan Bawa Data Berikut Ini

Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang ditujukan bagi masyarakat Tuban terdampak virus corona sudah bisa dicairkan

mochamad sudarsono/suryamalang.com
Suasana pengambilan BST dari Kemensos di Kantor Pos Tuban, Rabu (13/5/2020) 

SURYA.co.id | TUBAN - Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang ditujukan bagi masyarakat terdampak virus corona atau covid-19, sudah bisa dicairkan bagi masyarakat yang menerima. Pantauan di lapangan, warga mulai berdatangan sejak pagi di kantor pos Tuban yang berada di jalan Sunan Bonang untuk mencairkan bantuan dari pemerintah senilai Rp 600 per bulan.

"BST sudah pencairan, sejak Selasa kemarin," kata Kepala Kantor Pos Tuban, Edhi Mulyo Utomo di lokasi, Rabu (13/5/2020). 

Pria yang juga putra daerah itu menjelaskan, kantor pos Tuban mendapat jatah 23.970 BST dari Kemensos. Puluhan ribu penerima akan dibagi tujuh hari pengambilannya berdasarkan jumlah 20 kecamatan, dijadwal per hari 3 ribuan orang yang mengambil.

Setiap penerima mendapat Rp 600 ribu per bulannya, berkelanjutan hingga tiga bulan mulai April, Mei dan Juni.

Jadi penerima total akan mendapat Rp 1,8 juta selama tiga bulan.

"Pengambilan BST dijadwal dan itu sudah kita informasikan kepada pihak kecamatan. Syaratnya bawa KTP-El atau KK asli untuk proses verifikasi, tak kalah penting harus memperhatikan protokol kesehatan pencegahan covid-19," terangnya.

Masih kata Edhy, pencairan yang dilakukan di halaman belakang kantor ini rencananya akan dilakukan seminggu, sejak dibuka kemarin.

Namun, apabila waktu tersebut dirasa kurang untuk pembagian penerima BST di 20 kecamatan, maka dana Rp 600 ribu bisa diantarkan ke alamatnya masing-masing.

Bahkan, bagi penerima yang tidak sempat mengambil di kantor pos sesuai jadwal pengambilan, juga bisa diambil sewaktu-waktu, jadi tidak perlu khawatir.

"Jangan khawatir, bagi yang sakit tidak sempat mengambil maka akan diantarkan ke rumah. Bagi yang belum sempat ambil karena berhalangan, bisa setiap saat diambil di kantor pos," ujar Edhy.

Penerima BST, Sutiah asal Kelurahan Ronggomulyo, Kecamatan Tuban, mengaku senang mendapat bantuan tersebut.

Bantuan tunai dari pemerintah itu rencananya akan digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Ditambahkannya, bantuan yang diterimanya utuh tidak ada potongan sama sekali yaitu tetap Rp 600 ribu.

"Ini dapat Rp 600 ribu, senang tentu, digunakan belanja untuk keperluan masak di rumah," singkatnya bergegas meninggalkan lokasi didampingi seorang pria.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved