Grahadi

Pemprov Jatim

UPDATE Di Jawa Timur Belum Ada Positif Covid-19, Total ada 18 ODP dan 7 PDP, Berikut Rinciannya

Hingga hari Jumat (13/3/2020) Ini, dipastikan bahwa di Jawa Timur belum ada pasien yang dinyatakan positif COVID-19 akibat virus corona.

UPDATE Di Jawa Timur Belum Ada Positif Covid-19, Total ada 18 ODP dan 7 PDP, Berikut Rinciannya
SURYA.co.id/Sofyan Arif Candra Sakti
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Herlin Ferliana 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur (Kadinkes Jatim), Herlin Ferliana memastikan bahwa pihaknya selalu update dengan jaringan rumah sakit yang menangani kasus corona covid-19.

Hingga hari Jumat (13/3/2020) ini, ia memastikan bahwa Jawa Timur belum ada pasien yang dinyatakan positif covid-19 akibat virus corona.

“Update terakhir kita belum ada pasien yang dirawat di Jatim yang positif virus corona atau positif covid-19,” tegas Ferlin.

Mantan Direktur Utama RSJ Menur Surabaya ini mengatakan, meski belum ada pasien yang positif di sejumlah daerah di Jatim memang ada pasien yang dirawat dengan status orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

“Total yang ODP di Jawa Timur saat ini sudah ada sebanyak 18 orang. Sedangkan yang PDP sudah ada sebanyak 7 orang,” tegas Herlin.

Sebagaimana diketahui, ODP adalah orang yang belum menunjukkan gejala sakit namun pernah bepergian ke negara episentrum corona atau sempat melakukan kontak dengan orang positif corona.

Sedangkan PDP adalah orang yang sudah menunjukkan gejala covid-19 seperti batuk, pilek, demam dan sesak nafas.

Lebih lanjut dijelaskan Herlin, sebanyak 18 orang ODP tersebut tersebar di Surabaya sebanyak 9 orang, di Sidoarjo sebanyak 3 orang, Trenggalek sebanyak 3 orang, Jember sebanyak 1 orang, Kediri sebanyak 1 orang dan Tulungagung sebanyak 1 orang.

Kemudian untuk 7 orang yang PDP tersebar di Tulungagung sebanyak 1 orang, Gresik sebanyak 1 orang, Nganjuk sebanyak 1 orang, Surabaya sebanyak 2 orang, Kabupaten Malang sebanyak 1 orang dan Kota Malang sebanyak 1 orang.

Dari total jumlah tersebut, sejauh ini di seluruh Jawa Timur sudah ada sebanyak 17 orang yang diperiksa tes covid-19. Yang terdiri dari 10 orang ODP dan 7 lainnya dari PDP.

Dari seluruh orang yang dilakukan tes sejumlah itu belum ada yang positif covid-19. Yang sudah dinyatakan negatif ada sebanyak 14 dan tiga lainnya masih dalam proses pengambilan spesimen.

“Dari 7 orang yang statusnya dinyatakan PDP di Jatim, dua di antaranya meninggal dunia dengan disertai komorbid (penyakit penyerta). Dua orang itu 1 dari Tulungagung dan 1 dari Nganjuk,” tegas Herlin.

Penyakit penyerta yang dimaksud tepatnya untuk PDP di Tulungagung yaitu karena HIV positif dan paru.

Sedangkan untuk pasien PDP asal Nganjuk memiliki penyakit penyerta serosis hepatitis, hipoalbumin, odema ansarka, sepsis, dekom dan sups TB paru.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved