Grahadi

Pemprov Jatim

Wagub Emil Beri Ucapan Selamat Ulang Tahun Kepada Kaisar Jepang Naruhito

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menghadiri resepsi hari ulang tahun ke-60 Kaisar Jepang Naruhito

Wagub Emil Beri Ucapan Selamat Ulang Tahun Kepada Kaisar Jepang Naruhito
Humas Pemprov Jatim
Konsulat Jenderal Jepang untuk Surabaya, Tani Masaki menyambut kedatangan Wagub Emil Elestianto Dardak dalam HUT Kaisar Naruhito, Kamis (20/2/2020) malam. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menghadiri resepsi hari ulang tahun ke-60 Kaisar Jepang Naruhito yang diselenggarakan di Ballroom Hotel JW Marriot Surabaya, Kamis (20/2/2020) malam.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya turut menyampaikan selamat dan berharap agar hubungan persaudaraan Jatim-Jepang bisa terus meningkat di berbagai sektor.

“Saya ucapkan selamat ulang tahun untuk Kaisar Naruhito dan mudah-mudahan persahabatan kita semakin erat,” sebut Emil Dardak.

Dalam sambutannya, Wagub Emil mengungkapkan kebahagiaannya melihat terus meningkatnya hubungan antara Indonesia-Jepang, terlebih lagi Jatim-Jepang.

Dari sektor perekonomian, tercatat hingga triwulan III tahun 2019, nilai total realisasi investasi Jepang di Jatim mencapai USD 1,8M atau Rp. 24,8T. Nilai tersebut juga disertai dengan kinerja perdagangan Jatim-Jepang tahun 2015-2019 yang mengalami surplus. 

“Kita melihat bahwa hubungan secara ekonomi sangat baik antara Jatim dan Jepang. Serta kita juga memiliki perdagangan yang baik dengan Jepang,” ungkapnya.

Selain kerja sama dalam sektor ekonomi, Wagub Emil menuturkan jika sesungguhnya Jatim dan Jepang memiliki kemiripan dalam beberapa aspek, terutama culture yang mengakar di kedua wilayah.

Oleh sebab itu sejak tahun 2014, Jawa Timur telah menjadi Sister Province dengan Osaka yang tentunya semakin membuka peluang kerja sama antar kedua wilayah.

“Mudah-mudahan Sister Province ini akan terus berlanjut membawa manfaat seperti pengiriman guru bahasa Jepang di Jatim dalam program NIHONGO yang telah dimulai pada 2016 lalu,” tutur orang nomor dua di Jatim itu.

Selain pengiriman guru bahasa Jepang, program pertukaran pelajar SMA juga menjadi salah satu program unggulan yang telah dimulai pada 2014 lalu.

Dengan adanya pertukaran tersebut interaksi kebudayaan antar keduanya semakin sering berlangsung. Seperti halnya tari-tarian yang sering digelar di masing-masing wilayah. 

Halaman
12
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved