Sambang Kampung

Mencicipi Nugget Pisang Kreasi Warga  RT 4 RW 1 Jetis Wetan, Margorejo, Surabaya

Warga RT 4 RW 1 Jetis Wetan Margorejo Surabaya memproduksi berbagai jajanan, salah satunya nugget pisang milik Puspa Sari Wardani.

surya.co.id/habibur rohman
DESA BERDAYA - Suasana Kampung Jetis Wetan RT IV RW l Margorejo Surabaya yang asri dengan berbagai tanaman. Selain memiliki bank sampah sendiri, kampung ini juga memiliki beberapa produksi hasil kreasi warga yang berupa makanan serta fashion. diantaranya cake berbahan pisang dan kulit pisang. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Warga RT 4 RW 1 Jetis Wetan Margorejo memproduksi berbagai jajanan, salah satunya nugget pisang milik Puspa Sari Wardani.

Tak seperti nugget pisang pada umumnya, Puspa mengusung konsep minim limbah. Selain daging buahnya, ia juga memanfaatkan kulit buah pisang sebagai bahan baku nugget.

"Saya bikin pisang nugget sejak 2018 gara-gara liburan ke Bandung. Di sana, banyak yang jual pisang nugget. Sayangnya, banyak yang pakai pisang utuh," katanya, Rabu (19/2/2020).

Oleh karena itu, ia melanjutkan, membuat nugget yang pisangnya terlebih dahulu dihancurkan.

"Lalu saya berpikir untuk membuat produk yang tidak meninggalkan sampah. Akhirnya saya juga memanfaatkan kulit pisang sebagai bahan baku nugget. Saya juga mengolahnya menjadi selai," Puspa menerangkan.

Sebelumnya, kulit pisang direndam air kapur terlebih dahulu untuk menghilangkan getahnya.

"Merendamnya selama kurang lebih 30 menit sampai getah benar-benar hilang. Setelah itu diblender dengan dicampur sedikit air," katanya.

Sementara itu, adonan disiapkan. Bahan-bahan yang dibutuhkan di antaranya yaitu gula, telur, tepung, dan susu bubuk.

"Baru kulit pisang yang sudah hancur dimasukkan. Sementara untuk daging buah pisang, tidak perlu direndam air kapur," terangnya.

Biasanya Puspa membuat nugget pisang berdiameter sekitar 18 cm yang diiris menyerupai pizza. Ia juga menyediakannya dalam bentuk irisan yang dikemas dalam kardus kemasan.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved