Kesehatan

Memperbaiki Postur Tubuh Lewat Mat Pilates

"dulu postur tubuh saya jelek, bungkuk kalau berjalan, kaki juga tidak lurus ketika melangkah. Setelah rutin pilates, postur tubuh saya lebih baik,"

Memperbaiki Postur Tubuh Lewat Mat Pilates
tribun jatim/mayang essa
Pilates 

SURYA.co.id | SURABAYA - Prima (34), peserta kelas pilates Atlas Sport Club Surabaya mengaku memiliki postur tubuh yang lebih baik setelah empat bulan mengikuti kelas pilates secara rutin.

"Kalau dulu postur tubuh saya jelek, sangat bungkuk kalau berjalan, kaki juga tidak lurus ketika melangkah. Setelah rutin pilates, postur tubuh saya menjadi baik," ungkap Prima.

Hasil tersebut, lanjutnya, memang tidak instan. Diperlukan proses dan konsistensi.

"Pada mulanya pasti terasa sakit, apalagi kalau yang banyak lemak dan jarang beraktivitas. Ketika latihan akan terasa (sakit)," Prima mengatakan.

Pilates, ungkap Chindrawaty, instruktur pilates Atlas Sport Club Surabaya, sebenarnya sama dengan olahraga pada umumnya. Namun, pilates sangat memperhatikan nafas, aktivasi otot inti (core muscles), penempatan pelvis, dan tulang belakang.

"Olahraga pilates dapat dilakukan di atas apparatus, seperti reformer, trapeze table, chair, dan barrels. Kali ini kami melakukannya di atas matras atau disebut mat pilates," ungkap Chindrawaty.

Untuk melakukan setiap gerakan secara benar, dibutuhkan pernapasan yang benar pula. Pernapasan dalam pilates dilakukan seefisien mungkin.

Pilates, Chindrawaty menuturkan, mengajarkan bagaimana napas mefasilitasi gerakan dan bagaimana gerakan memfasilitasi napas.

"Sebenarnya yang benar ialah pernapasan diafragma yaitu dengan mengembangkan rusuk ke samping, depan, dan belakang. Tapi banyak di antara kita yang sering melakukan pernapasan dada dan perut saja," ungkap instruktur yang belajar pilates di 2 sekolah pilates internasional ini.

Bernapas menggunakan otot dada dengan mengembangkan dada ke depan dan atas, lanjutnya, dapat membuat leher pegal karena otot dada bukan merupakan otot pernapasan.

Halaman
1234
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved