Berita Surabaya

Bikin Digitalisasi Sistem Keamanan, RT 23/RW 7 Sekardangan Sidoarjo Dapat Penghargaan Kapolda Jatim

Digitalisasi Sistem Keamanan Lingkungan (DSKL) menghantarkan Poskamling RT 23 RW 07 Sekardangan, Sidoarjo, mendapat penghargaan dari Kapolda Jatim

Bikin Digitalisasi Sistem Keamanan, RT 23/RW 7 Sekardangan Sidoarjo Dapat Penghargaan Kapolda Jatim
istimewa
Edi Priyanto Ketua RT 23 RW 07 Kelurahan Sekardangan, Sidoarjo, saat menerima penghargaan dari Kapolda Jatim yang diserahkan di lapangan Makodam V Surabaya, Rabu (10/7/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Digitalisasi Sistem Keamanan Lingkungan (DSKL) menghantarkan Poskamling RT 23 RW 07 Kelurahan Sekardangan, Sidoarjo, mendapat penghargaan dari Kapolda Jatim. Penghargaan itu disampaikan pada saat puncak kegiatan HUT Bhayangkara ke 73 Tahun 2019 Jawa Timur bertempat di Makodam V Brawijaya Surabaya Rabu (10/7/2019).

Ketua RT 23 RW 07 Kelurahan Sekardangan Sidoarjo, Edi Priyanto, mengatakan warganya telah menyadari sepenuhnya bahwa keamanan dan ketertiban lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Ini sebagai bentuk kepedulian tersebut menyebabkan terjadi pengawasan melekat antar warga, bukan menyerahkan sepenuhnya kepada petugas keamanan.

"Inovasi DSKL yang dilakukan merupakan ide dan kreativitas warga sendiri yang berkeinginan menjadikan kegiatan Poskamling menjadi lebih menyenangkan, efisien, praktis," kata Edi.

Kegiatan poskamling yang selama ini dirasakan masyarakat sebuah kegiatan jadul, membosankan dan konvensional dapat dimodifikasi menyesuaikan kemajuan teknologi informasi yang sejalan dengan perlunya adaptasi penerapan Siskamling dalam menghadapi industry 4.0.

Penggunaan aplikasi sederhana bernama Sistem Keamanan Warga atau yang disingkat dengan SIKARA mampu dimanfaatkan warga untuk memberitahukan kepada seluruh warga lainnya dengan cukup menekan tombol panc button yang ada dalam HP warga.

Aplikasi ini dapat digunakan saat ada warga yang mendapati keluarga sakit mendadak, warga meninggal dunia, ada perampokan, penculikan, pencurian.

Tak hanya itu, kegiatan ronda siskamling juga digalakkan.

Tak hanya Bapak-bapak yang jaga diwaktu malam, Ibu-ibu juga ikut terlibat jaga pada saat siang hari.

"Kegiatannya pun bukan sekedar jaga namun dijadikan ajang untuk bersosialisasi dan berkomunikasi antarwarga, sehingga hubungan semakin erat," ungkap Edi.

Komunikasi yang baik ini bisa menjamin terjadinya kepedulian terhadap lingkungan yang semakin meningkat dan warga akan saling menjaga.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved