Grahadi

Beranda Grahadi

Wagub Emil Dardak Jadi Pembicara Utama Konferensi Internasional di Tiga Negara ini

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak melakukan kunjungan kerja ke Prancis, Inggris, dan Jepang.

Wagub Emil Dardak Jadi Pembicara Utama Konferensi Internasional di Tiga Negara ini
foto: istimewa/humas pemprov jatim
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak 

SURYA.co.id | SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak melakukan kunjungan kerja ke Prancis, Inggris, dan Jepang

Menurut Emil, kunjungan kerja yang dilakukan ini adalah sesuai arahan dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Kunjungan pertama Emil akan dilakukan di ibukota Prancis, Paris. Di sana, Emil akan menjadi pembicara utama (lead speaker) pada konferensi yang diselenggarakan organisasi internasional OECD (Organisation for Economic Cooperation and Development: Organisasi untuk Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi).

OECD merupakan organisasi internasional dengan 30 negara yang menerima prinsip demokrasi perwakilan dan ekonomi pasar bebas.

"Saya menjadi lead speaker pada konferensi yang diselenggarakan organisasi internasional OECD di Paris dengan tiket pesawat ditanggung pihak penyelenggara," ujar Emil ketika dihubungi, Jumat (14/6/2019).

Konferensi itu, kata Emil, diselenggarakan bekerjasama dengan Asosiasi Pemda Se-Dunia (United Cities and Local Government/UCLG). Tema yang akan diangkat mengenai pembiayaan pembangunan pemerintah daerah.

"Mudah-mudahan bisa membawa manfaat bagi masyarakat Jawa Timur," kata dia.

Usai di Prancis, Emil langsung bertolak ke Inggris. Dia akan menempuh perjalanan darat ke negara dengan ibukota London itu.

"Melakukan serangkaian pertemuan yang difokuskan pada kerjasama dan investasi," lanjut Emil.

Dalam pertemuan itu, rencananya akan dibahas soal pengelolaan limbah B3 dan energi terbarukan.

Salah satunya adalah penggunaan sel fotovoltaik amorf yang bisa untuk mengaliri listrik 500.000 rumah tangga yang belum dialiri listrik.

Emil kemudian akan berkunjung ke Osaka, Jepang untuk mewakili Jatim memaparkan potensi investasi pada pertemuan akbar tahunan G-20 (pimpinan negara dari 20 negara ekonomi terbesar dunia termasuk Indonesia).

Selain Jatim, ada 6 provinsi lain yang juga akan mendapatkan sesi pemaparan, yakni Jabar, Jateng, DKI Jakarta, Kepulauan Riau, Bali, dan Sulawesi Selatan.

"Mohon doa restunya, semoga bisa membawa capaian yang kongkret untuk memajukan Jawa Timur," pungkas Emil. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved