Ramadan 1440 H

Jelang Lebaran, Harga Sembako di Pasar Tradisional Gresik mulai Turun, ternyata ini Penyebabnya

Dari pantauan Diskoperindag di tujuh pasar tradisional beberapa harga bahan pokok yang sebelumnya melonjak kini sudah mulai turun pada 16 Mei 2019.

Jelang Lebaran, Harga Sembako di Pasar Tradisional Gresik mulai Turun, ternyata ini Penyebabnya
surya.co.id/willy abraham
Harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional Gresik berangsur menurun menjelang Lebaran, Minggu (19/5/2019). 

SURYA.co.id | GRESIK - Sejumlah harga bahan pokok di Gresik berangsur turun. Hal ini disebabkan Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperindag) Kabupaten Gresik gencar melakukan operasi pasar murah menurunkan harga sejak beberapa hari terakhir.

Dari pantauan Diskoperindag di tujuh pasar tradisional beberapa harga bahan pokok yang sebelumnya melonjak kini sudah mulai turun pada tanggal 16 Mei 2019.

"Seperti harga bawang putih yang sebelumnya Rp 49.571 per kilogram, kini turun menjadi Rp 36.714 kg," ujar Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perindag Gresik, Agus Budiono.

Selain itu harga bawang merah mengalami penurunan dari Rp 29 ribu per kg kini menjadi Rp 25.571 per kg total mengalami penurunan 11,82 persen.

Tak hanya bawang, penurunan harga bahan pokok yang terlihat lumayan signifikan hingga 21 persen adalah cabai rawit dan cabai besar. Harga cabai rawit dari Rp 21.429 turun menjadi Rp 16.857 per kg. Sedangkan harga cabai besar dari Rp 35.286 turun menjadi Rp 27.857 per kg.

"Beberapa juga mengalami penurunan tapi selisihnya masih di bawah lima ratus rupiah," tambahnya.

Penurunan itu terjadi pada beras medium, beras biasa, kacang hijau, kacang tanah dan telur ayam boiler.

Selain mengalami penurunan, ada 4 item harga bahan pokok juga terpantau naik yaitu ayam potong boiler, minyak goreng kemasan, minyak goreng curah dan ikan bandeng.

"Kenaikan tidak terlalu signifikan, masih di bawah 1,5 persen," imbuhnya.

Salah satu pedagang di Pasar Gresik, Fatimah mengaku harga sejumlah barang mulai berangsur turun seperti bawang putih yang sempat tembus hingga 50 ribu.

"Harga bawang terus turun sekarang di bawah 40 ribu," ungkapnya.

Penulis: Willy Abraham
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved