Khofifah dan Emil Menuju Jatim 1

Emil Ingin Seni Budaya Dikuatkan untuk Prioritas Pembangunan di Jawa Timur

Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak menyebut kesenian tradisi khas Jawa Timur di antaranya Jaranan bahkan telah mendunia.

Emil Ingin Seni Budaya Dikuatkan untuk Prioritas Pembangunan di Jawa Timur
istimewa
Bacawagub Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, saat acara syukuran ulang tahun ke 63 sesepuh dalang Jawa Timur Ki Sukron Suwondo di Blitar, Jawa Timur, Jumat (2/2/2018) malam. 

SURYA.CO.ID I SURABAYA - Usaha menjadikan seni budaya sebagai ujung tombak memajukan kebudayaan masyarakat Jawa Timur tidak lagi sebagai komitmen di atas kertas.

Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak yang kini maju sebagai bakal calon wakil gubernur mendampingi Khofifah Indar Parawansa itu menyebut kesenian tradisi khas Jawa Timur di antaranya Jaranan bahkan telah mendunia.

"Ini kami lakukan misalnya dengan memperkenalkan seni jaranan ke Jepang. Kami kirim video dan instruktur dari Trenggalek ke sana. Hasilnya seni tradisi ini menjadi cukup dikenal di Jepang," kata Emil saat memberikan orasi kebudayaanya pada acara syukuran ulang tahun ke 63 sesepuh dalang Jawa Timur Ki Sukron Suwondo di Blitar, Jawa Timur, Jumat (2/2/2018) malam.

Yang menggembirakan, tak hanya sebagai seni pertunjukan, kini, seni tradisi khas Jawa Timur itu telah masuk dalam ekstra kurikuler pelajaran di beberapa lembaga pendidikan di negara matahari terbit tersebut.

Dengan strategi dan pendekatan yg sama kini seni tradisi Jawa Timur itu juga dikenal diantaranya di beberapa negara Asia Selatan.

Di sisi lain tokoh muda yang ahli dalam bidang pengembangan wilayah ini menyebut pengembangan seni tradisi di daerah seperti festival jaranan, pagelaran wayang dan reog yang menjadi seni budaya khas mataraman giat dilakukan.

Dalam perspektif yang lebih luas pria yang jago menyanyi ini menyebut visi mengangkat seni tradisi yang berkembang di provinsi ini akan lebih banyak bisa dilakukan jika misalnya dirinya bersama Khofifah dipercaya masyarakat Jawa Timur memimpin daerah ini.

Suami Arumi Bachsin ini secara khusus diundang sesepuh dalang Jawa Timur Sukron Suwondo karena dinilai sebagai sosok pemimpin muda yang memiliki visi dan kepedulian tinggi pada pengembangan kebudayaan massal terutama seni tradisi.

Acara yang digelar di lapangan Desa Purworejo, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar itu dihadiri ribuan warga.

Acara yang juga difasilitasi tokoh Partai Demokrat ini dihadiri pula sejumlah tokoh partai dan ormas seperti Muslimat Nahdlatul Ulama setempat.

Di penghujung acara diberikan santunan kepada 63 anak yatim oleh Dalang Sukron Suwondo yang didampingi Emil.

Sebelumnya Emil sempat didapuk menyanyikan sebuah lagu yang membuat suasana jadi kian meriah.

Kondisi lapangan yang becek karena didera hujan sore harinya tak menyurutkan warga untuk ikut bersenandung mengikuti alunan suara emas calon wakil gubernur milenial itu.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved