Kerahkan Mobil Skylift, Bawaslu Kota Blitar Copot Alat Peraga Kampanye di Masa Tenang Pemilu

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Blitar mulai menertibkan atribut peraga kampanye (APK) memasuki masa tenang Pemilu 2019

Kerahkan Mobil Skylift, Bawaslu Kota Blitar Copot Alat Peraga Kampanye di Masa Tenang Pemilu
surabaya.tribunnews.com/samsul hadi
Bawaslu Kota Blitar bersama Satpol PP dan polisi menertibkan APK memasuki masa tenang Pemilu 2019, Minggu (14/4/2019). 

SURYA.co.id | BLITAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Blitar mulai menertibkan atribut peraga kampanye (APK) memasuki masa tenang Pemilu 2019, Minggu (14/4/2019). Bawaslu mengerahkan mobil skylift untuk menertibkan APK ukuran besar.

"Kami fokus menertibkan APK yang besar-besar dulu pada hari pertama masa tenang Pemilu. Kami menggunakan mobil skylift," kata Ketua Bawaslu Kota Blitar, Bambang Arintoko.

Bambang mengatakan Bawaslu membentuk beberapa tim untuk menertibkan APK. Petugas secara serentak menertibkan semua APK di tiga kecamatan di Kota Blitar. Tiap kecamatan ada satu sampai dua tim yang menertibkan APK.

"Seperti di Kecamatan Sukorejo kami bentuk dua tim untuk penertiban APK," ujarnya.

Dikatakannya, selama tiga hari masa tenang ini Bawaslu akan terus melakukan penertiban APK. Sudah tidak boleh ada kegiatan kampanye di masa tenang. Termasuk mobil yang dibaranding dengan gambar calon legislatif juga tidak diperbolehkan.

Selain itu, pada masa tenang ini, Bawaslu bersama tim penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) akan patroli untuk meminimalisir praktik politik uang menjelang pemungutan suara. Tim melakukan patroli sebanyak empat kali dalam sehari.

"Patroli akan kami lakukan sampai hari H pemungutan suara," ujarnya.

Sementara itu, KPU Kota Blitar juga mulai mendistribusikan logistik bilik suara ke masing-masing kelurahan, Minggu (14/4/2019). Sedangkan untuk logistik kotak suara beserta surat suara akan didistribusikan ke tingkat kelurahan pada H-1 pelaksanaan pemungutan suara.

"Mulai hari, logistik bilik suara sudah kami distribusikan ke kelurahan," kata Ketua KPU Kota Blitar, Setyo Budiono.

Setyo mengatakan kebutuhan logistik Pemilu di Kota Blitar sudah lengkap. Kekurang sejumlah surat suara juga sudah dikirim oleh KPU pusat ke KPU Kota Blitar. KPU juga sudah melipat surat suara yang baru datang itu.

"Kekurangan surat suara sudah dikirim Jumat lalu. Semua logistik Pemilu sudah lengkap. Tinggal pendistribusian ke kelurahan saja," ujar Setyo.

Seperti diketahui, dari hasil sortir lima jenis surat suara Pemilu 2019, KPU Kota Blitar masih kekurangan surat suara sebanyak 3.909 lembar. Kekurangan surat suara itu akibat rusak dan kekurangan pengiriman.

Dari total kekurangan surat suara sebanyak 3.909 lembar itu, sebanyak 2.084 lembar karena rusak dan sisanya sebanyak 1.025 lembar karena kekurangan kirim. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved